Termasuk Organ Tubuh Penting, Berapa Biaya Periksa Hidung di Dokter THT?

Biaya Periksa Hidung - evolveent.com.auBiaya Periksa Hidung - evolveent.com.au

Hal-hal yang menyangkut seluruh organ memang wajib diperhatikan, tak terkecuali dengan hidung. Pilek yang menahun, hidung tersumbat, alergi, atau sebagainya sebaiknya jangan dianggap sepele dan harus segera diperiksakan ke THT (telinga, hidung, tenggorokan). Tetapi selama ini banyak orang ragu karena kurang mengetahui berapa kisaran yang diperlukan untuk periksa hidung di dokter THT.

Berdasarkan dari berbagai sumber, biaya periksa hidung di dokter spesialis THT yang ada di Kebayoran Baru, Jakarta cukup bervariasi, ada yang tidak memungut biaya sama sekali alias gratis jika hanya sekadar berkonsultasi, namun ada juga yang mematok hingga Rp 450 ribu untuk sekali konsultasi.

Biaya tersebut biasanya masih belum termasuk biaya untuk tindakan tertentu yang harus dilakukan oleh . Dalam beberapa kasus, misalnya saja jika diharuskan untuk melakukan rontgen hidung, maka bisa saja mengeluarkan biaya tambahan mulai dari Rp 110 ribu untuk rontgen THT. Untuk diagnosis yang lebih komprehensif, beberapa juga ada yang diminta melakukan endoskopi atau bahkan CT scan. Menurut pengakuan salah satu , biaya CT-scan hidung dua tahun lalu mencapai Rp 1,7 jutaan.

Agar tidak perlu melalui sederet pemeriksaan yang mungkin cukup ‘menyiksa’ tersebut, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan guna merawat dan menjaga kesehatan hidung. Saat pilek contohnya, sebaiknya tidak mengeluarkan ingus secara keras-keras agar tidak membahayakan kondisi kesehatan Anda sendiri.

“Membuang ingus keras-keras merupakan hal yang sangat buruk untuk dilakukan karena dapat melukai bagian dalam hidung dan juga melukai bagian yang menghubungkan hidung dan sinus. Luka ini dapat membuat seseorang menjadi tak nyaman dan potensial membuatnya terkena seperti sinusitis,” kata dr. Lucy Belton seperti dilansir Her melalui Merdeka.

Sementara itu, Dr. Michael Kuo dari bedah THT Medsat menambahkan, membuang ingus kuat-kuat justru bisa menimbulkan rasa sakit. “Lubang ini menghubungkan hidung dengan mata dan telinga sehingga jika buang ingus keras-keras dapat berakhir dengan munculnya rasa sakit,” ucapnya. Cara yang disarankan untuk membuang ingus adalah dengan perlahan-lahan, yakni dengan menekan jari pada salah satu bagian hidung dan tiup pelan-pelan pada bagian hidung satunya.

Loading...