Termasuk Menu Favorit, Harga Cheese Burger KFC Dibanderol Rp 17 Ribuan

harga, cheese, burger, kfc, ayam, goreng, nugget, amerika, serikat, as, malaysia, jepang, delivery, aneh, menu, baru, ritel, cepat, saji, combo, duo, satuan, pepsi, Rp 17, ribuan, 50, gerai, malaysia, amerika, serikat, mcdMengonsumsi makanan cepat saji, burger (sumber: Lifehack)

Tidak hanya terjadi di Indonesia, di Amerika Serikat (AS) pun, ritel bersaing untuk memenangkan hati . Termasuk ritel cepat saji (fast food) yang meluncurkan berbagai strategi, menghadapi persaingan di antara pelaku bisnis sejenis. Total penjualan industri cepat saji di AS pernah mencapai sebesar 198,9 miliar dolar AS. Sehingga, pada tahun 2020, penjualan perusahaan ritel bidang diproyeksikan akan tumbuh menjadi 223 miliar dolar AS.

Dengan ketatnya kompetisi, McDonald’s Corp meluncurkan taktik adu harga untuk berebut pasar dengan Yum Brands Inc pemilik Taco Bell dan . Tidak ketinggalan, Dunkin ‘Brands Group Inc.

Dalam menjalankan taktik adu harga, McD pernah meluncurkan paket menu dengan harga cukup murah, yaitu paket ‘dollar’ versi yang menawarkan menu cheeseburger plus minuman ringan (1 dolar AS), McDoubles burger plus McCafe (2 dolar AS), dan paket Happy Meals plus triple cheeseburger (3 dolar AS).

Namun, McDonald’s menghentikan penjualan menu dollar pada 2013, setelah penjualan double cheeseburger seharga 1 dolar AS dianggap merugikan. Namun penjualan paket serupa dengan harga lebih mahal, ternyata tidak diminati konsumen.

Seperti perusahaan induknya di AS, McDonald’s Indonesia juga menawarkan sejumlah paket sarapan murah dengan branding menu ‘hemat tiap hari’. Dikutip dari laman resminya, sejumlah sajian seperti Apple Pie, Egg & Cheese Muffin, Breakfast Wrap, serta berbagai menu minuman, ditawarkan dengan harga mulai Rp 6.000. Sementara itu, peritel fast food lainnya, KFC, menawarkan paket murah dengan branding ‘goceng+’ untuk perkedel, burger, sup, dan berbagai pilihan menu es krim.

Bob Goldin, analis industri makanan di Pentallect Inc. menilai bahwa, “McDonald’s cenderung mengutamakan strategi harga murah. Harga murah menjadi pendorong utama penjualan di bisnis makanan, bahkan ketika ekonomi membaik dan pendapatan masyarakat meningkat,” ujarnya.

harga, cheese, burger, kfc, ayam, goreng, nugget, amerika, serikat, as, malaysia, jepang, delivery, aneh, menu, baru, ritel, cepat, saji, combo, duo, satuan, pepsi, Rp 17, ribuan, 50, gerai, malaysia, amerika, serikat, mcd

Varian KFC Big Cheese Burger (sumber: Lifehack)

Sementara itu, Taco Bell, mengganti 20 item menu dengan tetap mematok harga 1 dolar AS. Dunkin Donuts juga menawarkan berbagai paket menu sarapan dengan harga murah. Menanggapi hal itu, Goldin menambahkan bahwa strategi menekan harga bukan tanpa risiko. Apalagi di tengah harga bahan baku dan upah pekerja yang makin mahal. Pada akhirnya akan ada tekanan untuk menaikkan harga.

Pada tahun 2016, pendapatan McDonald’s secara masih berada di posisi teratas di antara ritel fast food lainnya, dengan 24,6 miliar dolar AS. Sementara, pemilik KFC yaitu Yum (China) dan Yum! Brands (AS) masing-masing mencatatkan pendapatan sebesar 6,8 miliar dolar AS (posisi ke-4) dan 4,2 miliar dolar AS (posisi ke-5).

Kentucky Fried Chicken atau KFC memang terkenal karena ayam goreng renyah dengan 11 bumbu rahasia yang diracik oleh Kolonel Harland Sanders. Tetapi, tidak hanya ayam goreng, menu KFC yang juga disenangi masyarakat adalah pilihan menu burgernya. Salah satunya adalah cheese burger. Harga yang sekitar Rp 17 ribuan untuk menu Chicken n Cheez Burger (satuan).

Namun, jika Anda ingin memesan cheese burger dalam bentuk paket, juga bisa. Salah satu menu yang disediakan KFC yaitu Combo Duo 1 yang terdiri dari 1 OR Burger + 1 Chick n Cheese Burger ditambah dengan 2 Pepsi. Harga per paket dibanderol Rp 50 ribuan. Di Indonesia, Anda bisa membelinya di gerai-gerai KFC terdekat.

KFC seringkali memanfaatkan momen-momen tertentu dalam menciptakan menunya. Seperti yang dilakukan oleh KFC AS, dengan membawa suasana nostalgia 90’an, KFC setempat menyediakan menu lama mereka yaitu Hot and Spicy dengan menu nugget. Tidak lupa juga menu burger yang menjadi ‘signature menu’ KFC, yaitu tower burger. Menu itu menyajikan burger gurih, renyah berwarna kecoklatan, dilengkapi dengan tomat dan daging ayam bertumpuk.

harga, cheese, burger, kfc, ayam, goreng, nugget, amerika, serikat, as, malaysia, jepang, delivery, aneh, menu, baru, ritel, cepat, saji, combo, duo, satuan, pepsi, Rp 17, ribuan, 50, gerai, malaysia, amerika, serikat, mcd

Menu paket KFC Cheese burger, kentang goreng, dan minuman (sumber: Pinterest)

Berbeda dengan di Amerika Serikat, KFC Malaysia mendorong batasan dalam inovasi burger dengan kreasi terbarunya dengan menyediakan menu KFC Zinger Cheezilla. Menu baru ini dilengkapi dengan keju mozzarella yang lezat yang ditumpuk dengan fillet Hot & Spicy Zinger yang populer dan diolesi dengan Cheezy Mayo KFC.

“KFC Zinger sudah populer di menu kami dan tidak perlu diperkenalkan kepada penggemar KFC. Sekarang dengan Zinger Cheezilla, kami membawakan burger yang tidak seperti sebelumnya,” ujar senior wakil presiden KFC Malaysia, Ling Mee Jiuan.

“Ini khusus dibuat bagi mereka yang mencari makan burger besar dan pengalaman keju pamungkas. Zinger Cheezilla adalah inovasi burger yang benar-benar kami sukai. Ini tersedia untuk waktu terbatas saja, jadi dapatkan sebelum hilang,” tambah Jiuan.

KFC Zinger Cheezilla tersedia a la carte, mulai dari RM13.50 (sekitar Rp 48 ribuan). juga dapat menikmati makanan lengkap dengan KFC Zinger Cheezilla Combo yang datang dengan KFC Crispier Fries biasa dan Pepsi baru, mulai dari RM16.90. Menu itu tersedia di semua restoran KFC Malaysia dan layanan delivery KFC, selama persediaan masih ada.

Tetapi ternyata bukan hanya ayam goreng, burger, atau nugget yang menjadi barang dagangan KFC. Restoran cepat saji itu ternyata pernah meluncurkan produk kecantikan dengan aroma ayam goreng.

KFC pernah meluncurkan menu yang bisa dibilang aneh, salah satunya adalah kuteks rasa ayam goreng KFC. Ini adalah produk yang sempat diluncurkan KFC Hong Kong. Uniknya, pewarna kuku ini benar-benar bisa dimakan. Pewarna kuku ini dikembangkan oleh Ogilvy and Mather sebagai bagian dari kampanye iklan untuk KFC, terbuat dari bahan alami dan tanpa pengawet.

Loading...