Termasuk Media Iklan Menguntungkan, Berapa Biaya YouTube Ads?

Biaya YouTube Ads - www.lifewire.comBiaya YouTube Ads - www.lifewire.com

Menjadi seorang youtuber rupanya kini dianggap sebagai salah satu yang menguntungkan. Bagaimana tidak? Penghasilan sebagai seorang kreator dengan mengandalkan YouTube Ads saja kabarnya dalam sebulan bisa mencapai puluhan juta jika jumlah viewer dan subscriber seorang youtuber cukup banyak.

Akan tetapi, sejak beberapa waktu lalu pihak YouTube mulai memperketat syarat sebuah channel untuk mendapatkan uang dari . Pasalnya hal ini untuk menghindarkan YouTube dari kontroversi beredarnya video terorisme, konten video predator anak, dan konten-konten video negatif lainnya. Alhasil YouTube pun mengategorikan video mana saja yang dapat dimonetisasi dengan menayangkan .

Mulai saat ini, untuk bisa memperoleh pendapatan dari iklan, sebuah video harus mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tonton (watch time) dalam 12 bulan terakhir dan mempunyai 1.000 subscribers. “Standar yang lebih tinggi ini bisa bantu mencegah monetisasi video yang tak pantas, yang bisa merugikan pendapatan untuk semua orang,” kata Chief Product Officer YouTube Neal Mohan dan Chief Business Officer Robert Kyncl, seperti dilansir Variety melalui Kompas.

Menurut YouTube, aturan baru mengenai monetisasi ini seharusnya tak banyak mempengaruhi para kreator yang memperoleh penghidupan dari YouTube. Pasalnya, sebanyak 99% kreator yang terdampak peraturan baru tersebut mempunyai penghasilan kurang dari 100 dolar AS per tahun dari kanalnya. Sedangkan kreator yang tetap dapat menayangkan iklan lewat YouTube Partner Program (YPP) mewakili 95% dari jangkauan pengiklan secara keseluruhan.

Pihak YouTube sendiri sebenarnya menawarkan program YouTube Ads yang cukup beragam untuk para pemilik . Di situsnya, YouTube menerangkan jika pendaftar akan memperoleh gratis $ 100 credit jika Anda menghabiskan $ 25 pada iklan video alias video ads. Kategori atau iklan YouTube pun ada bermacam-macam, mulai dari Masthead, In-Stream Non-Skippable, Trueview in search, Trueview in-stream, In-display sponsored video, dan In-display banner.

Di juga sudah ada beberapa penyedia pasang iklan YouTube dengan mulai dari Rp 410 ribu hingga Rp 690 ribu untuk waktu tayang selama 2 minggu (14 hari). Kemudian untuk paket beriklan bulanan tarifnya berkisar antara Rp 850 ribu hingga Rp 1,45 juta per bulan, dan untuk paket 3 bulan dengan Rp 2,45 juta sampai Rp 4,35 juta. Perbedaan paket tersebut biasanya terletak pada jumlah viewers yang berhasil didatangkan dari penayangan iklan.

Loading...