Termasuk Layanan E-Channel, Cara Kirim SMS Banking BRI Terbilang Mudah

cara, kirim, sms, banking, bri, tagihan, pembayaran, rutin, fasilitas, layanan, e-channel, PLN, nomor, pelanggan, smsPayment, ponsel, kirim, ke, 3300, otomatis, registrasi, non, finansial, nasabah, mudah, e-channelIlustrasi: fitur sms banking (rebanas.com)

Salah satu bentuk layanan e-channel Bank yang bisa diakses melalui ponsel pintar atau handphone Anda yaitu SMS Banking. Layanan tersebut dapat dinikmati melalui aplikasi SMS Banking yang terinstal di ponsel Anda. Layanan tersebut menggunakan kode akses 3300 sebagai nomor tujuan, dan dapat diakses melalui operator ponsel GSM maupun CDMA.

Dengan memanfaatkan SMS Banking BRI, nasabah dapat melakukan berbagai tagihan rutin, misalnya tagihan PLN, Telkom, Halo, Matrix, kartu kredit BRI atau KTA (Bank BRI, Citibank, HSBC), dan lainnya.

Cara kirim SMS Banking BRI terbilang cukup mudah. Misalnya, Anda akan membayar tagihan rutin PLN, pilih pilih fasilitas SMS Banking BRI dari ponsel Anda lalu pilih menu smsPAYMENT. Masukkan Nomor Pelanggan kemudian PIN SMS Banking BRI dan kirim ke 3300 secara otomatis.

Untuk memanfaatkan layanan tersebut, Anda harus mendaftar  (registrasi) dulu. Ada dua macam registrasi, registrasi non SMS Banking BRI di ATM BRI untuk bisa melakukan transaksi non , dan registrasi di Kantor Cabang BRI untuk dapat menggunakan transaksi lainnya.

SMS Banking BRI tersebut dapat diperoleh di Kantor Cabang BRI terdekat dan registrasi tersebut berlaku untuk satu nomor ponsel dengan satu BRI. Sehingga, bagi Anda yang memiliki dua nomor pada satu ponsel, hanya dapat menggunakan salah satu nomor yang pastinya aktif.

Layanan SMS Banking BRI masuk ke dalam aplikasi BRI , di mana ada layanan lain seperti banking, , call BRI, dan info BRI. Menurut AMBM Kanca BRI Samudera-Banjarmasin, Yunaidi Firhansyah, mengatakan, “Kelebihan BRI Mobile adalah penggabungan BRI dan BRI menjadi satu aplikasi.”

Selain itu, BRI Mobile juga dianggap aman untuk melakukan transaksi, daftar pembayaran, daftar , terdapat informasi lokasi ATM, mendapatkan notifikasi BRI, dan lebih cepat dalam melakukan .

“Nasabah jua bisa zakat fitrah melalui aplikasi tersebut. Pembayaran disalurkan ke yayasan baitul mal BRI dengan sangat praktis dan sah,” ujar Yunaidi.

Sementara itu, untuk meningkatkan penggunaan layanan e-channel dari BRI, pihak bank BUMN tersebut meneken perjanjian dengan perusahaan e-commerce Bukalapak.com. Dengan kerja sama tersebut, BRI menyediakan fasilitas kepada e-commerce tersebut.

Kerja sama tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak. Terlebih, saat ini jumlah nasabah BRI mencapai kurang lebih 52 juta orang. Sementara, pengguna banking dan SMS banking mencapai 16 juta nasabah.

“Pengguna internet banking, SMS banking sekitar 16 juta. Ini yang bisa dimanfaatkan belanja online, baik mobile banking, SMS banking atau menggunakan debit online. Kita harapkan 52 juta siapa tahu juga melakukan pembayaran ATM BRI, agen Brilink yang tersebar luas,” jelas Direktur Kelembagaan Bank BRI, Sis Apik Wijayanto.

Loading...