Termasuk Komoditas Menguntungkan, Harga Palm Kernel Hari Ini Naik

Harga Palm Kernel - bellarmart.comHarga Palm Kernel - bellarmart.com

Kelapa sawit bisa dibilang sebagai salah satu yang menguntungkan. Hasil turunan kelapa sawit ada bermacam-macam, mulai dari palm kernel (inti sawit), palm kernel oil, crude palm oil, dan masih banyak lagi. turunan kelapa sawit tersebut rata-rata memiliki harga atau nilai keekonomian yang cukup tinggi di meskipun sifatnya .

Harga palm kernel hari ini bisa saja lebih rendah atau lebih tinggi dibandingkan harga kemarin. “Hasil yang ditetapkan tim perumus, untuk harga inti sawit pada periode kali ini (15-21 Maret 2019) juga naik sebesar Rp 72 dari Rp 3.628 menjadi Rp 3.700 per kilogram, sedangkan Tandan Buah Sawit (TBS) naik hanya Rp 30 dari Rp 1.101 menjadi Rp 1.131 per kilogram,” kata Pejabat Penetapan Harga TBS Sawit Provinsi Jambi, Putri Rainun, di Jambi, seperti dilansir Cendananews.

Sementara itu, harga Malaysia Palm Kernel Oil (PKO) saat ini berada di angka USD 694,67 per metric ton untuk Februari 2019, turun 9,19% dibandingkan pada sebelumnya di angka USD 765,00 per metric ton. Di situs jual beli online sendiri, palm kernel oil (PKO) atau inti sawit banyak literan dengan harga berkisar antara Rp 35 ribu hingga Rp 60 ribu per liter.

Dari menanam kelapa sawit, masyarakat di Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah rupanya berhasil meraup keuntungan yang cukup besar. Menurut Mansur, petani sekaligus ketua kelompok petani sawit di Desa Karya Mukti, Kecamatan Rio Pakava, dari 25 hektare sawit miliknya, ia berhasil mendapatkan hasil bersih setiap bulan rata-rata Rp 25 juta. “Alhamdulillah dari hasil menanam sawit ini saya sudah bangun lima gedung sarang walet,” kata Mansur.

Rata-rata petani sawit di Kecamatan Rio Pakava menjalin kerja sama dengan PT Mamuang. Jadi pihak perusahaan akan membeli buah sawit milik para petani di Kecamatan Rio Pakava. PT Mamuang mengaku tak pernah menolak buah sawit yang dijual petani, kecuali kualitasnya tidak memenuhi kriteria, misalnya saja busuk.

“Kami juga membentuk kelompok tani sawit yang beranggotakan petani sawit di sana. Melalui 11 kelompok tani sawit yang ada mereka kita beri pelatihan seputar sawit seperti cara meningkatkan produksi buah sawit dan menjaga agar pohon sawit tidak terserang hama,” tutur Community Development Officer (CDO) PT Mamuang, Teguh Ali

Loading...