Termasuk Jurusan Bergengsi & Banyak Diminati, Biaya Sekolah Arsitek Kini Bisa Sampai Ratusan Juta Rupiah

Ilustrasi : Seorang arsitek sedang mengerjakan proyek pembangunan

Hingga kini kedokteran masih diminati begitu banyak orang. Selain menawarkan gengsi, kedokteran juga oleh sebagian besar masyarakat dianggap memiliki peluang karier yang lebih besar. Namun rupanya tren tersebut telah banyak mengalami perubahan. Pasalnya kini juga banyak lulusan yang tertarik untuk sekolah di arsitektur untuk menjadi seorang arsitek.

Berdasarkan riset mandiri yang dilakukan oleh Tirto.id pada tahun 2017 lalu, rupanya lulusan SMA jurusan IPA kini lebih memfavoritkan jurusan arsitektur dibandingkan kedokteran. kuliah kedokteran yang terus melambung tinggi rupanya jadi alasan bagi siswa SMA untuk beralih ke alternatif jurusan lain yang tak kalah bergengsi seperti arsitektur.

Dengan jumlah responden sebanyak 188 orang (random sampling) berusia antara 16-18 tahun di Jakarta menggunakan instrumen penelitian kuesioner, didapatkan hasil bahwa jurusan kuliah paling diminati oleh murid SMA kelas 12 di Jakarta adalah Ilmu Komunikasi, kemudian Psikologi, dan berikutnya baru Arsitektur.

“Mayoritas responden dalam penelitian ini menyebut bahwa alasan utama mereka memilih jurusan kuliah adalah soal minat (57,45%). Alasan ini berkaitan dengan soal bagaimana mereka suka dan memiliki terkait dengan jurusan yang dipilih,” demikian seperti dilansir Tirto.

Kemudian permintaan dan saran dari keluarga juga menjadi alasan siswa SMA di DKI Jakarta dalam menentukan jurusan mereka saat kuliah kelak. Atas popularitasnya yang mulai menanjak tersebut, biaya sekolah arsitek pun kini juga merangkak naik.

Di negeri seperti Indonesia (UI) mungkin kesenjangan biaya kuliah di setiap jurusan tidak terlalu terasa. Pasalnya UI menerapkan sistem biaya pendidikan menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT), sehingga untuk jurusan arsitektur mekanisme UKT dengan BOP-Berkeadilan berkisar antara Rp 0-7,5 juta, sedangkan untuk BOP-Pilihan antara Rp 10-15 juta.

Berbeda lagi dengan Universitas Trisakti. Pada tahun akademik 2018/2019 ini biaya pendidikan S1 jurusan Arsitektur Lansekap selama 8 semester di Trisakti totalnya mencapai Rp 129.410.000. Sementara itu di Universitas Mercu Buana biaya kuliah studi (prodi) Arsitektur selama 4 tahun mencapai lebih dari Rp 80 jutaan.

Loading...