Termasuk Jenis Paling Populer, Harga Getah Damar Mata Kucing Berkisar Rp 95 Ribuan

Getah Damar Mata Kucing - fjb.kaskus.co.idGetah Damar Mata Kucing - fjb.kaskus.co.id

Getah damar adalah getah yang dihasilkan dari damar. Biasanya getah damar banyak dimanfaatkan untuk campuran aneka vernis atau pelindung kayu, campuran cat, tinta, hingga . Getah damar jenisnya ada beragam, mulai dari getah damar batu, damar hitam atau damar kopal, hingga damar mata kucing yang merupakan paling . Getah damar mata kucing begitu karena manfaatnya banyak, misalnya untuk digunakan dalam industri plastik, pelapis lukisan, sebagai dupa, mata cincin, bahan perekat, dan sebagainya.

Harga getah damar mata kucing di pasaran berkisar Rp 95 ribuan per 1 kilogram (kg). Namun ada juga yang mengklaim menjual getah dammar mata kucing resin kualitas bagus dengan harga mencapai Rp 135 ribuan per botol isi 450 gram. Namun perlu diingat, harga getah damar mata kucing bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya dan harga yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

Secara umum, getah damar masih menjadi komoditas yang menguntungkan, terutama bagi warga pesisir Kabupaten Lampung Barat yang mempunyai perkebunan damar. Getah kristal bening yang memiliki nama latin Shore javanica tersebut memang punya harga jual yang cukup tinggi.

Menurut seorang pembeli damar, Jhon, keuntungan bukan hanya dinikmati oleh masyarakat yang mempunyai kebun damar, tetapi juga penampung yang membeli getah damar dari masyarakat untuk kemudian lagi kepada pembeli yang lebih besar harga yang juga cukup tinggi.

“Kami menjual getah damar kepada pembeli yang biasa menjual damarnya di Pulau Jawa dengan jumlah yang banyak juga dengan lumayan tinggi sesuai dengan kelasnya. Hal itu tentu juga membuat kami sebagai pembeli kecil juga merasakan keuntungan yang lumayan besar,” ungkap Jhon, seperti dilansir Wartalambar.

Oleh sebab itu Jhon berharap supaya penjualan getah damar di wilayah pesisir tetap lancar agar harga getah damar bisa terus stabil dan tak merugikan masyarakat maupun pembeli. “Mudah-mudahan harga getah damar dapat terus stabil, jika turun tidak terlalu rendah dan jika naik tidak terlalu tinggi. Itu bertujuan agar pendistribusian damar keluar daerah tidak mengalami kemacetan,” tandasnya.

Loading...