Termasuk Jenis Hibrida Unggul, Budidaya Waluh Suprema F1 Tak Perlu Perawatan Ekstra

Budidaya, waluh, labu, Suprema, F1, kualitas, unggul, hibrida, warna, kuning, hijau, panah, merah, dataran, tinggi, rendah, petani, kesehatan, pencernaan, hidroponik, bedengan, pot, ahli,Hasil panen tanaman waluh (sumber: wired.com)

Tanaman waluh, atau yang lebih dikenal dengan labu, berasal dari Amerika, namun saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia, terutama wilayah yang mempunyai hawa hangat dan panas. yang satu ini berukuran relatif besar dengan bentuk bulat serta mempunyai lapisan kulit luar yang keras.

Kandungan beta-karoten dalam buah waluh menyebabkan buah waluh berwarna oranye. Daging buahnya renyah, manis dan ada pula yang agak masam. Bagian tanaman selain buah dari waluh ini yang bisa dikonsumsi adalah bagian daun mudanya, yang biasa dikonsumsi sebagai bahan sayur.

Saat ini tanaman waluh baik yang daging buah oranye maupun dengan daging buah kuning sudah banyak dibudidayakan oleh . Hal ini seiring dengan tingkat penyerapan dan konsumsi masyarakat terhadap waluh yang semakin meningkat. Bahkan saat ini buah waluh sudah banyak ditemui di induk sayur baik yang ada di kota kecil maupun di kota besar.

Khusus untuk jenis labu kuning, merupakan bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Makanan yang sering dijadikan bahan kolak labu, pai, hingga brownis ini ternyata memiliki segudang manfaat sehat yang menakjubkan. Labu kuning mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh manusia, sebut saja seperti kalium, seng, beta-karoten, vitamin B kompleks, dan zat besi. Semua kandungan tersebut berperan aktif memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

“Apabila Anda sering memiliki masalah di perut, seperti diare, nyeri perut, kembung dan lainnya maka solusi terbaik adalah sering makan labu kuning. Labu kuning bisa membersihkan kotoran yang tersisa yang ada di perut, selain itu labu juga kaya antioksidan yang bisa menyehatkan sistem pencernaan,” demikian dilansir dari laman Bolsdsky.com.

Selain itu, sudah banyak ahli yang menyebutkan bahwa labu adalah makanan yang sangat baik untuk ginjal, labu kuning merupakan salah satu makanan yang bisa membersihkan ginjal dari racun yang menumpuk. Labu kuning juga makanan yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar kolesterol dan gula darah yang tinggi. Nah untuk mencegah naiknya kolesterol dan gula darah, sebaiknya sering konsumsi labu kuning yang diolah secara direbus.

Untuk membudidayakan waluh atau labu, salah satu hal yang harus dipikirkan adalah pemilihan atau benih yang tepat, agar hasil labu bisa maksimal. Ada banyak macam benih yang dijual di pasaran dengan klaim kualitas terbaik, salah satunya adalah Suprema F1.

Labu atau waluh Suprema F1 (Panah Merah) adalah jenis labu hibrida kualitas unggul yang bisa dibudidayakan di berbagai kondisi, baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tanaman ini tidak memerlukan ekstra dan mampu bertahan terhadap serangan gemini virus. Kulit labu Suprema berwarna hijau ketika masih muda dan berubah menjadi kuning coklat saat sudah masak. Dagingnya sendiri berwarna kuning dan rasanya pulen ketika sudah masak.

Dalam satu kemasan yang dijual Rp10 ribuan, terdapat 15 butir benih yang mengandung daya kecambah sebesar 85% dan kemurnian sebesar 99%. Benih labu kuning Suprema F1 bisa dipanen saat berusia 85-90 HST dan dapat ditanam di bedengan, pot, atau polybag ukuran diameter 30-40 cm, jarak tanam 30-40 cm atau bisa juga menggunakan sistem .

Loading...