Termasuk Cemilan Wajib Saat Lebaran, Harga Kacang Tojin 1 Kg Rp 95 Ribuan

Kacang Tojin - cookpad.comKacang Tojin - cookpad.com

Tradisi perayaan di setiap daerah memang berbeda-beda. Apabila di area biasanya menyajikan jajanan bernuansa seperti kue putri salju, kastengel, nastar, lidah kucing, dan sebagainya, di Padang, Barat rupanya ada satu lagi cemilan wajib yang kerap dihidangkan, yakni kacang tojin.

Kacang tojin sendiri sebenarnya merupakan kacang tanah yang digoreng dengan campuran bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, seledri, garam, dan sebagainya, sehingga rasanya pun lebih gurih dan khas dari camilan kacang tanah pada umumnya.

“Pada umumnya, wajib ada di setiap rumah. Ibaratnya, tidak ada kacang tojin suasananya terasa hambar. Kacang tojin biasanya juga menjadi yang paling cepat habis,” ujar Dian Wahyuni, warga Jorong Lompatan Datar, Barulak, Sumatera Barat, seperti dilansir Antara.

Cara pembuatan kacang tujin pun cukup sederhana. Dian menjelaskan, kacang tanah yang masih berkulit ari direndam dengan air panas selama 15 menit untuk memudahkan pengelupasan kulitnya. Kemudian kacang dicampurkan dengan bawang putih yang telah dihaluskan, garam, serta bumbu penyedap lainnya. Sedangkan seledri dan bawang merah digoreng terpisah. “Kacang kemudian digoreng hingga berwarna kuning emas. Setelah itu baru ditaburkan bawang merah dan seledri untuk menambah keharuman kacang,” papar Dian.

Bertepatan dengan momen Lebaran, permintaan kacang tojin tentunya juga meningkat dan mempengaruhi penjualan dan harga kacang tanah. Kata salah seorang pedagang kacang tanah, penjualan kacang tanah telah meningkat sejak H-7 Lebaran, sekitar 75-80%. Harga kacang tanah per kilonya pun dilaporkan naik.

Kacang tanah yang baik untuk diolah menjadi kacang tojin adalah kacang kampuang yang ukurannya relatif lebih kecil. Apabila malas repot membuat kacang tojin sendiri, kini juga sudah banyak kacang tojin kiloan yang dijual di pasaran dengan harga relatif terjangkau.

Berdasarkan penelusuran di beberapa situs jual-beli online, harga kacang tojin 1 kg sekitar Rp 79 ribuan hingga Rp 95 ribuan. Selain dijual dalam kemasan 1 kg, ada pula yang menjual dalam ukuran 500 gram (1/2 kg) atau 250 gram (1/4 kg) supaya lebih praktis dimasukkan dalam toples-toples kue.

Loading...