Termasuk Bisnis Menguntungkan, Harga Lobster Air Tawar Per Kg Bisa Dijual Sampai Rp 200 Ribuan

Lobster Air Tawar - www.agrowindo.comLobster Air Tawar - www.agrowindo.com

Lobster masih menjadi salah satu yang disukai oleh . Uniknya, lobster rupanya bukan hanya bisa ditangkap dari saja, tetapi ada juga lobster tawar yang bisa dibudidayakan di kolam tawar. Bahkan kabarnya harga lobster tawar per kg yang cukup tinggi membuat bisnis lobster tawar disebut-sebut cukup menguntungkan.

Menurut pemilik Bintaro Fish Centre (BFC) Mini Farm Cuncun Setiawan, untuk bisnis budidaya lobster air tawar ternyata tak membutuhkan dana terlalu besar. “Bisnis ini bisa dilakukan siapapun. Tidak harus punya lahan besar, mau di rumah juga bisa,” kata Cuncun, seperti dilansir Kumparan.

Cuncun sendiri mengaku menjual indukan lobster air tawar lengkap dengan seluruh yang dibutuhkan untuk memulai budidaya lobster. Misalnya saja calon pembudidaya membeli indukan terbaik dengan harga Rp 750 ribu, maka diperkirakan indukan itu bisa menghasilkan 2.000 anakan. “Itu kalau dijual ke pengepul masih dalam bentuk anakan ukuran 2 inci harganya sekitar Rp 1.250 per ekor. Kalau dikali 2.000 anakan udah dapat Rp 2,5 juta. Modal indukan Rp 750 ribu, ditambah pakan segala macam total modal Rp 1 juta. Dapat omzet Rp 2,5 juta, sekali panen balik modal,” jelasnya.

Lebih lanjut Cuncun menjelaskan jika keuntungan yang didapat bisa berlipat ganda apabila sang pembudidaya bersedia untuk melakukan pembesaran hingga ukuran lobster konsumsi. Dari 2.000 anakan, pada pembesaran kemungkinan hanya ada sekitar 1.500 ekor lobster air tawar yang mampu bertahan. Anakan tersebut bisa dibesarkan sampai ukuran seberat 50 gram. “Lobster 1.500 ekor kalau beratnya 50 gram total udah sekitar 75 kg. Dikali Rp 80 ribu per kg aja sudah sekitar Rp 6 juta,” bebernya.

Pembesaran lobster air tawar pun hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat. Dari awal sampai lobster berukuran 2 inci estimasinya sekitar 4-5 bulan. “Enggak sampai setahun kan. Paling 10 bulan,” katanya. Di pasaran sendiri harga lobster air tawar per kg dibanderol bervariasi, ada yang menjualnya seharga Rp 164 ribu per 1 kilogram dan ada pula yang menjual hingga Rp 228 ribu per kilo.

Loading...