Terlihat Sepele, Keuntungan Bisnis Es Batu Bisa Mencapai 50%

Bisnis Es Batu - apreendendojuntas.blogspot.co.idBisnis Es Batu - apreendendojuntas.blogspot.co.id

Terkadang itu sangat mudah didapat hanya dengan mengamati masyarakat sehari-hari. Misalnya saja dengan berjualan es batu. Selama ini orang kerap memandang remeh es batu, padahal es batu menjadi utama bagi para pelaku industri .

Biasanya pemilik usaha kuliner membutuhkan es batu atau es balok untuk bahan baku pembuatan minuman dan juga mengawetkan makanan, misalnya saja seperti ikan segar atau sebagainya. Menurut Andre Wiwanto, pemilik CV Lintas Artha Engineering Malang, bisnis es batu ternyata cukup menguntungkan. “Permintaannya tak pernah sepi,” ungkapnya, seperti dikutip Kontan.

Membangun pabrik es batu sejak tahun 2008 membuatnya berani untuk menawarkan kemitraan dengan beberapa pilihan investasi, yakni Rp 250 juta dan Rp 750 juta. Investasi tersebut sudah termasuk mesin pembuat es, instalasi listrik, dekorasi pabrik, pelatihan, dan standar operasional prosedur menjalankan usaha, namun belum termasuk tempat.

Mitra bisa bebas menentukan jual es tube dan es balok yang hendak dijual. Apabila lokasi pabriknya strategis, maka sebulan bisa memproduksi sekitar 10 ton es balok dan 2 ton es batu per hari. Omzet yang didapat pun berkisar mulai Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta per hari. “Labanya bisa mencapai 40% dan dalam 10 bulan hingga 3 tahun sudah balik modal,” tuturnya.

Selain Andre, banyak pengusaha lain yang juga merasakan keuntungan dari berbisnis es batu. Misalnya saja Ruth Harso, pemilik Ice Cube Crystal yang mampu memproduksi sekitar 10 ton es batu kristal per hari dan memperoleh profit hingga 50% dari berjualan es seharga Rp 1.400/kg. Begitu pula dengan Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta yang sanggup meraup keuntungan 20% dari menjual es batu seharga Rp 1.200 per kilogram.

Menurut Ahmad, es batu ternyata tak hanya terbatas pada kebutuhan rumah makan atau restoran saja. Namun biasanya permintaan es batu cukup besar berasal dari pengadaan event-event bergengsi. Bahkan sebelumnya ia pernah melayani pemesanan es batu untuk Java Jazz hingga 10 ton per hari.

Loading...