Terkoneksi GPN, Biaya Transfer Antar Bank 2018 Diperkirakan Turun

biaya, transfer, antar, bank, 2018, GPN, gerbang, pembayaran, nasional, BI, Indonesia, layanan, transaksi, Rp 4.000, Rp 6.500, Himbara, administrasi, cek, saldo, Juni, jaringan, turunIlustrasi: transfer dana via rekening bank (easystore.co)

merupakan salah satu yang disediakan oleh bagi para nasabahnya. Untuk melakukan transfer sesama bank (bank pengirim dan bank tujuan sama), biasanya tidak akan dikenai biaya alias gratis.

Tetapi, apabila Anda melakukan transaksi transfer antar bank, akan dikenai biaya. Untuk tahun 2018 ini, Bank Indonesia memperkirakan biaya transfer antar bank bisa turun. Hal ini seiring dengan berlakunya penerapan gerbang pembayaran nasional () kartu debit secara penuh pada Juni 2018.

Kepala Pusat Program Transformasi BI, Onny Widjanarko menjelaskan bahwa GPN ini bisa menekan biaya bulanan di bank, biaya transfer hingga biaya cek saldo. Ini karena seluruh sistem pembayaran sudah terkoneksi dan menyebabkan biaya yang dikeluarkan oleh penyelenggara bisa lebih mudah.

“Pasti biaya transfer antar bank akan lebih murah, biaya cek saldo hingga biaya bulanan itu bisa lebih rendah,” ujarnya saat peluncuran GPN di Gedung BI.

Onny Widjanarko mengatakan bahwa tahun 2018 diperkirakan biaya transfer dana antar bank bisa turun, dari Rp 6.500 menjadi Rp 4.000 untuk sekali transaksi. “Biaya transaksi antar bank bisa mengalami penurunan, hal ini karena pada Juni 2018 nanti semua kartu debit bank sudah terkoneksi GPN,” kata Onny.

Kemudian, GPN juga diharapkan bisa meningkatkan perlindungan antara lain melalui pengamanan data transaksi dalam setiap transaksi. Hal ini juga terkait dengan pemrosesan yang akan dilakukan dalam negeri, sehingga data tidak akan pergi keluar lalu kembali.

Menurut Onny, berdasarkan pengamatan BI, jika sistem pembayaran antar bank sudah terkoneksi, maka biaya transaksi antar bank bisa menyusut. BI memberi contoh ketika ATM Himbara terkoneksi, hal ini membuat biaya transaksi antar bank BUMN bisa turun dari Rp 6.500 menjadi Rp 4.000.

Nantinya dengan terkoneksinya seluruh bank dan perusahaan switching, biaya transaksi antar bank di luar Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) juga bisa turun menjadi Rp 4.000.

Sementara itu, Himbara mengaku tengah mengkaji penurunan biaya transaksi antar sesama bank pelat merah minimal senilai Rp 1.500 per transaksi. “Itu nanti akan kami proses (penurunannya), ya antara Rp 1.500 sampai Rp 4.000 per transaksi,” ujar Ketua Himbara, Maryono.

Menurutnya, biaya transaksi antar bank pelat merah bisa diturunkan lagi hingga batas minimal lantaran adanya Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang telah resmi diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI). Sayangnya, ia belum bisa merinci kapan waktu penetapan penurunan biaya transaksi antar bank Himbara bisa dirasakan oleh nasabah dari empat bank tersebut.

Sebelumnya, penurunan biaya transaksi Himbara terjadi lantaran keempat bank bersinergi dengan membuat Link untuk mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan mesin perekam data elektronik (Electronic Data Capture/EDC). Hal ini membuat seluruh ATM dan EDC keempat bank bisa saling digunakan.

Loading...