Terkenal Sampai Ke Luar Negeri, Pempek Pak Raden Dijual Mulai Harga Rp 3.750

Pempek Pak Raden - (Sumber: tribunnews.com)Pempek Pak Raden - (Sumber: tribunnews.com)

khas , pempek telah lama dikenal karena rasa ikan yang khas lengkap dengan sausnya. Salah satu pempek terkenal yang ada di kota tersebut adalah Pempek Pak Raden. Kelezatannya bahkan sudah diakui sampai , misalnya Malaysia dan Selandia Baru.

“Semua saya suka jenis pempek. Karena memang enak terbuat dari ikan,” ujar Pangeran Kelantan dari Malaysia, Datuk Dr Mohd Nasser Hj IsmailbAl Hashemi.

Bagi Anda yang tidak berada di Palembang dan sekitarnya, dan ingin mencicipi rasanya, dapat melakukan pemesanan melalui kontak Whatsapp, SMS, atau BBM. Ada paket kecil dan paket besar.

Rentang harganya baik untuk paket kecil ataupun besar mulai dari Rp 100.000 (2kg) sampai Rp 700.000 (10kg). Anda dapat memesannya untuk pribadi, , kolega maupun teman. Perbedaan kedua paket terletak pada isinya. Kalau paket kecil, isinya lebih banyak daripada yang paket besar.

Untuk jenis pempeknya, ada beragam. Ada pempek telur kecil, adaan/bulat, kulit, lenjer potong, kapal selam, dan lenjer besar. Harganya mulai dari Rp 3.750 sampai Rp 37.500. Anda dapat memilihnya sesuai selera.

Menurut pemilik warung pempek Pak Raden, H. Alimudin Halim, awalnya masyarakat Palembang mengenal pempek sebagai kelesan. Sebutan kelesan berasal dari nama alat yang dipergunakan untuk menghaluskan daging ikan. Alat ini terbuat dari kuningan, berbentuk cembung dengan semacam ‘kuping’ di sisi yang berhadapan. Gunanya sebagai pegangan.

Di bagian yang cembung, terdapat lubang-lubang kecil. Ketika dikeles, daging ikan yang sudah dikuliti dan dibuang tulang-tulang besarnya menjadi halus dan keluar dari lubang-lubang kelesan itu. Sekilas, tampak seperti kerupuk. Karena itulah, penganan yang dibuat dari campuran daging ikan giling, sagu, garam, dan air ini disebut kelesan.

“Kelasan masih dikenal orang Palembang hingga sekarang, karena bisa dikatakan kelasan ini pempek yang pertama,” ungkap H. Alimudin Halim.

Di antara berbagai jenis pempek ini, jenis kapal selam merupakan pempek yang paling terkenal, karena bahasanya seram. Dikatakan kapal selam karena bentuknya yang lonjong dan menyerupai kapal selam yang sebenarnya. Ada juga pendapat lain yang mengatakan dikatakan kapal selam karena bisa dalam posisi tenggelam saat digoreng dan baru mengapung saat sudah matang.

Ia menjelaskan, selain ikan belida, pempek juga berasal dari ikan putak. Namun, kedua jenis ikan yang masih dalam satu famili ini semakin langka di Palembang, masyarakat pun menggunakan ikan lain yang memiliki serat dan tekstur daging hampir serupa dengan ikan belida dan putak. Dipakailah ikan gabus, ikan bujuk, juga jenis ikan laut seperti bilis, tenggiri, dan parangparang, termasuk juga ikan kakap merah yang tidak masuk dalam kualifikasi .

Karena kreasi yang baik dan kemampuan berinovasi, masyarakat pembuat pempek akhirnya menemukan komposisi yang baik dalam pembuatan pempek, yaitu daging ikan gabus yang renyah dan gemuk, dipadukan dengan daging tenggiri yang kenyal dan gurih. Sehingga, diperoleh pempek yang kenyal-kenyal renyah dan gurih.

“Itulah sebabnya pempek dikatakan sebagai hidangan spesifik Palembang dengan bentuk yang padat, terbuat dari unsur protein (ikan) dan (sagu),” ungkap pemilik pempek Pak Raden tersebut.

 

Loading...