Tergantung Pasokan, Harga Jeruk Nipis 1 Kg Kini Berkisar Rp 20 Ribuan

Jeruk Nipis - resepkoki.idJeruk Nipis - resepkoki.id

Rasanya yang asam rupanya tidak membuat jeruk nipis sepi peminat. Jeruk nipis termasuk jeruk yang begitu disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan minuman, jeruk nipis juga banyak dipakai untuk menyedapkan masakan tertentu. Mencari jeruk nipis pun tak sulit, sebab hampir di setiap pasar tradisional seperti , Surabaya, Medan, atau daerah lainnya di Indonesia juga terdapat agen yang menjual jeruk nipis secara ecer per buah atau 1 kg.

Namun seperti halnya pokok lainnya, jeruk nipis di pasaran ternyata juga cukup . Bulan Februari 2018 lalu misalnya, jeruk nipis di tingkat petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) anjlok dari Rp 4.000 menjadi Rp 1.500 per kilogram. Karena jeruk nipis mengalami penurunan cukup drastis, para petani pun mengeluh karena menderita kerugian, di mana jual jeruk nipis tak sesuai dengan produksi yang dikeluarkan.

“Kita rugi karena harga yang begitu murah. Hasil penjualan tidak bisa lagi menutupi biaya perawatan, dan pemupukan,” ujar Mahmud, petani jeruk nipis di Desa Jambur Kecamatan Panyabungan Utara, seperti dilansir Medanbisnisdaily.

Lebih lanjut Mahmud menjelaskan bahwa pada November 2017 lalu harga jeruk nipis 1 kg sempat menembus angka Rp 12.000. Namun harga tersebut terus mengalami penurunan hingga Rp 1.500 per kilo. “Menurut kawan-kawan petani jeruk nipis lainnya, anjloknya harga ini disebabkan banyaknya pasokan jeruk nipis dari luar Madina,” ungkapnya.

Kondisi berbeda terjadi pada akhir bulan Mei 2018 lalu. Rupanya harga jeruk nipis justru dilaporkan mengalami kenaikan hingga 100%. “Stok jeruk nipis lagi sedikit. Ini aja saya cuma ambil berapa kilo, paling 5 kilogram,” tutur Cahyo, salah satu pedagang di Pasar Palmerah.

Sementara itu, pedagang jeruk nipis di Pasar Kebayoran Jakarta, Ani, mengaku menjual jeruk nipis dengan harga Rp 25 ribu per 1 kg dari sebelumnya yang hanya Rp 15 ribu per kg. “Harga jeruk nipis per kilogram saya jual Rp 30 ribu. Naik. Udah beberapa hari ini harganya meningkat,” ujar pedagang jeruk nipis di Pasar Palmerah, Dedi.

Menurutnya harga buah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ini melonjak lantaran stok jeruk nipis di pasaran sedang terbatas. Beberapa pekan sebelumnya harga jeruk nipis di Pasar Induk Kramat Jati hanya Rp 12 ribu per kg. Tetapi kemudian melonjak jadi Rp 20-24 ribu per kg. Di sejumlah jual-beli pun harga jeruk nipis 1 kg dijual antara Rp 25 ribu sampai Rp 50 ribu.

Loading...