Terdiri dari Berbagai Ukuran, Lisplang GRC Dijual Mulai Harga Rp 25 Ribuan

Lisplang - modelrumahminimalis2.blogspot.co.idLisplang - modelrumahminimalis2.blogspot.co.id

Lisplang alias listplank adalah salah satu pembentuk atap . Lisplang berwujud bilah papan yang dipasang pada bagian atas . lisplang biasanya sebagai penunjang sisi estetika dan menunjang teknis bangunan. Saat ini banyak orang yang menggunakan lisplang dari GRC (Glassfibre Reinforced Cement) karena harganya dinilai lebih terjangkau, namun kualitasnya lebih baik.

“Dari segi estetika, lisplang bisa membuat suatu bangunan tampak lebih menarik,” seperti dilansir Tribunnews. Sedangkan dari segi teknis, lisplang berfungsi sebagai dudukan atap, menahan kayu rangka atap supaya tidak bergeser, menutupi rangkaian kayu rangka atap, melindungi dari binatang-binatang yang bisa masuk ke melalui atap, dan menjadi tempat pemasangan talang air.

Material GRC sendiri merupakan yang berbahan dasar semen yang dicampur dengan serat fiberglass. Sebagian besar kontraktor menilai jika material GRC mempunyai banyak keunggulan dibanding beton pracetak lainnya. Salah satunya karena GRC disebut-sebut lebih ringan, kuat, tahan di segala cuaca, tahan korosi atau tahan karat, tahan api, tahan pengikisan, gangguan serangga, hingga tahan perubahan suhu.

Kelebihan lainnya, material lisplang dari GRC biasanya bisa dicetak dalam bentuk apa saja, selain itu pemasangannya juga relatif lebih mudah karena karakter bahannya yang cenderung ringan. Kemudian lisplang GRC juga mempunyai karakter yang ulet di dalamnya, sehingga tak mudah retak. Tak hanya bentuknya yang bisa dicetak secara fleksibel, material ini juga memiliki proses pewarnaan yang mudah. Terlebih karena bahan GRC juga diakui lebih ramah lingkungan karena tak mengandung bahan asbes.

Lisplang GRC biasanya dengan harga bervariasi, tergantung merek dan ukurannya. Sebagai contoh, lisplang GRC ukuran 10 cm seharga Rp 25 ribuan hingga Rp 34 ribuan, kemudian lisplang GRC ukuran 20 cm harganya sekitar Rp 45 ribuan, lisplang GRC 30 cm sekitar Rp 60 ribuan hingga Rp 81 ribuan di pasaran. Ada pula lisplang GRC dengan motif urat kayu shera yang harganya dipatok mulai Rp 50 ribuan. Untuk mencari lisplang GRC pun tidak sulit, karena saat ini sudah banyak bangunan besar yang menjual lisplang GRC dalam berbagai ukuran.

Loading...