Terdiri Dari Berbagai Jenis, Penghapus Faber Castell 1 Pack Dijual Kisaran Harga Rp 66.000-72.000

Penghapus Faber CastellPenghapus Faber Castell

Merek Faber Castell tidak hanya dikenal dengan produk pensil warnanya saja, tetapi juga berbagai tulis, seperti penghapus. Penghapus dari Faber Castell terdiri dari beberapa , misalnya warna putih, hitam, dan juga penghapus dua sisi warna biru dan merah.

Mungkin seringkali pengguna bingung dengan sisi penghapus berwarna biru. Sisi tersebut sering digunakan untuk menghapus tulisan atau gambar yang dibuat dengan pena, padahal sisi biru itu digunakan untuk menghapus tulisan dengan pensil di atas kertas yang terbuat dari tekstur lebih tebal dan kasar, seperti kartu dan kertas pada sketchbook atau drawingbook.

Di toko , toko jual alat tulis, grosir alat tulis dan perlengkapan kantor, tempat fotocopy, atau di beberapa tempat lain, penghapus Faber Castell tidak hanya dijual satuan, ada yang menjualnya dalam bentuk pack. Terlebih di toko grosir alat tulis. 1 pack penghapus Faber Castell dijual kisaran Rp 66.000-72.000.

Tetapi, para orangtua ataupun anak wajib waspada. Hal tersebut dikarenakan di pasaran, telah banyak beredar penghapus yang ternyata mengandung bahan berbahaya, yaitu Phthalate. Bahan tersebut biasanya ditemukan pada produk plastik seperti mainan plastik, elektronik, dan tirai plastik kamar mandi.

Bahan tersebut digunakan juga untuk melembutkan karet pada industri plastik agar mudah dibentuk. Menurut Fransiska, Manager PT Faber Castell mengatakan bahwa Phthalate dikategorikan oleh Komisi Eropa sebagai zat beracun dan berbahaya jika masuk ke tubuh dalam jumlah berlebihan. “Tidak semua tahu kalau bahan ini digunakan pada penghapus, padahal berbahaya bahkan hanya dengan menghirupnya,” kata Fransiska.

Bahan berbahaya tersebut dapat memicu berbagai dampak negatif seperti muntah-muntah, diare bahkan dalam jangka waktu panjang bisa mengakibatkan penyakit kanker, gangguan saraf dan liver. Untuk itu, Fransiska mengimbau orangtua untuk pintar memilih produk alat tulis yang aman. Fransiska mengatakan bahwa konsumen jangan tertarik membeli produk karena terlihat menarik atau wangi.

“Biasanya penghapus yang mengandung zat ini baunya seperti wangi stroberi. Harus teliti, karena di sendiri belum ada larangan terhadap penggunaan zat ini,” katanya.

Beberapa waktu lalu, pernah beredar produk Faber Castell palsu. Tetapi, hal tersebut sudah ditindak dengan dilakukan penyitaan oleh Kepolisian. Tindakan penyitaan tersebut disaksikan oleh perwakilan Suryomurcito & Co sebagai kuasa Faber Castell Aktiengesellschaft, Jerman (pemilik sah atas merek Faber Castell).

Menurut Humas Faber-Castell, Andri Kurniawan, pensil dan penghapus palsu bermerek Faber-Castell tidak dapat terbaca oleh sistem komputer. “Hal ini sangat merugikan para peserta ujian,” katanya.

“Penindakan ini merupakan bentuk komitmen Faber-Castell terhadap kepercayaan masyarakat international dan khususnya konsumen di Indonesia untuk memastikan bahwa produk Faber-Castell yang mereka beli benar-benar asli dan berkualitas,” ujar Andri.

Loading...