Terdiri Dari Beragam Jenis, Paket Kue Lebaran Murah Dijual Mulai Harga Rp 50 Ribu

jenis, paket, kue, lebaran, murah, harga, Rp 50 ribu, stoples, pasar, senen, jakarta, camilan, kacang, tahun, 2018, konsumen, isi, empat, coklat, permen, 2017, homemade, sagu, nastar, lidah, kucingMenyantap nastar, kue khas lebaran yang cukup populer

Mendekati Hari Raya Idul Fitri, biasanya kue kering sedang diburu , seperti yang terjadi di tahun 2018. Parsel atau bingkisan kue sudah banyak , mulai dari harga mahal hingga murah. Bagi Anda yang sedang mencari paket kue murah, salah satu tempat yang menjualnya adalah Senen.

Di Pasar Senen, pilihan jenis kue kering yang disediakan beragam. Rata-rata harganya masih terjangkau. Pengunjung sebaiknya mengunjungi pasar pada saat petang hingga pagi hari. Dikarenakan pedagang baru menjajakan kue-kuenya pada waktu tersebut.

Musriandi, salah satu penjual kue kering, mengungkapkan bahwa lapak mereka akan buka sejak pukul 19.00 WIB dan tutup pukul 07.00 WIB. Di lapaknya, dijual jenis kue kering, kacang, permen, dan coklat.

Untuk paket kue kering Lebaran, Muslim dan penjual lain di Pasar Senen menyediakannya dalam bentuk boks. Masing-masing boks berisi 6 (enam) toples kue. Jenis kue yang disediakan biasanya terdiri dari nastar nanas, lidah kucing, kue coklat, sagu susu, kue kacang, dan kue sabit.

Dilihat dari segi harga, per boks kue dibanderol harga paling murah Rp 50 ribu hingga paling mahal yaitu Rp 125 ribu. “Bedanya cuma di kualitas saja,” ujar Muslim. Paket murah itu biasanya diproduksi oleh pabrik. Sedangkan, untuk paket mahal dibuat oleh industri rumahan (homemade).

Selain kue kering, pedagang di Pasar Senen juga menyediakan aneka ragam kacang. Sama seperti paket kue kering, kacang juga dikemas dalam bentuk boks. Dalam satu paket boks, umumnya berisi empat jenis kacang. Pembeli bisa memilih isi toples kacang dengan rasa berbeda. Di antaranya, kacang Thailand, kacang Medan, kacang koro, dan kacang telur. Dari segi harga, berbeda dengan paket kue kering, tiap satu boks kacang dibanderol harga Rp 60 ribu. Apabila membeli satuan, harganya Rp 15 ribu per stoples.

Untuk tahun 2018, yang paling banyak dibeli adalah jenis kacang-kacangan. “Tahun ini banyak laku paket kacang, mulai kacang mede, kacang Thailand, kacang oven, sampai kacang koro,” ucap Muslim Musriandi.

Sedangkan, di tahun 2017, sebagian besar pembeli meminati coklat batang dan kue kering lain dengan citarasa coklat. Sementara itu, beberapa tahun lalu, kue kering sejenis nastar dan lidah kucing menjadi kue yang paling banyak peminat.

“Kalau tahun ini yang membeli kue kering memang banyak, tetapi kalah banyak dengan kacang-kacangan,” tambah Muslim kembali. Pedagang di Pasar Senen itu menduga tren peminat jenis kacang-kacangan dipengaruhi oleh harga dan variasi paket yang ditawarkan. Di tahun 2018, cemilan kacang lebih beragam jenisnya. Harga per boks pun cenderung lebih murah daripada kue kering.

Umumnya, satu boks paket kacang isi empat stoples dibanderol Rp 60-80 ribu untuk kualitas rasa baik. Sedangkan paket kue kering dihargai Rp 125 ribu untuk kualitas premium. “Ada sih kue kering Rp 50 ribu per paket. Tapi, kualitas rasanya tidak begitu enak, soalnya dari pabrikan,” ujar Muslim.

Konsumen yang membeli di lapak Muslim berasal dari berbagai kota, antara lain Bekasi, Bogor, dan Tangerang. Rata-rata minimal pembelian adalah lima lusin paket camilan terjual setiap hari.

Loading...