Terdiri dari Bentuk Ulir dan Polos, Harga Besi Beton per Kilogram Dibanderol Mulai Rp 7 Ribuan

Harga Besi Beton - www.tokopedia.comHarga Besi Beton - www.tokopedia.com

Dalam dunia , penggunaan besi beton untuk tulangan adalah hal yang lumrah. Besi beton sendiri adalah besi yang digunakan untuk penulangan beton atau lebih disebut sebagai beton bertulang. Besi beton tulangan yang beredar di terdiri dari dua, yakni yang bentuknya polos (plain bar) dan besi ulir (deformed) bar.

Besi polos adalah besi yang mempunyai penampang bundar dengan permukaan licin atau tak bersirip. Sementara itu, besi ulir adalah besi yang permukaannya berulir mirip sirip melintang atau rusuk yang memanjang dengan pola tertentu yang dipilin pada produksinya.

Lantas bagaimana cara memilih besi beton yang berkualitas? Salah satu yang perlu diperhatikan tentu saja kebutuhan konstruksi yang sedang dibangun, apakah membutuhkan besi beton polos atau ulir. “Besi beton ulir memiliki sifat yang sulit dibentuk, misalnya ketika hendak dibengkokkan. Hal ini berkaitan dengan tegangannya yang cukup tinggi. Berbeda halnya dengan beton polos yang cenderung lebih mudah untuk dibentuk. Besi beton yang berkualitas mempunyai tingkat kekerasan yang sangat baik. Untuk mengukurnya bisa menggunakan alat yang bernama hardness tester,” demikian seperti dilansir Kumparan.

Selanjutnya perhatikan juga kondisi besi. Sebaiknya pilih besi beton yang tidak berkarat agar tidak mudah rusak dan tidak membahayakan kesehatan. Selain itu, pertimbangkan pula memilih besi beton yang telah mengantongi Standar Nasional (SNI).

Besi beton biasanya dijual dalam berbagai , , dan ukuran. Sebagai contoh, untuk besi beton 0,5 TYRS SNI harganya berkisar mulai dari Rp 7.400 hingga Rp 8.200 per kilogram. Besi beton tersebut tersedia dalam pilihan ukuran diameter 6 mm, 8 mm, 10 mm, 12 mm, 13 mm, hingga 16 mm, baik yang ulir maupun polos.

Selanjutnya ada besi beton 0,3 US SNI yang harga jualnya tidak jauh berbeda, yakni antara Rp 8.000 hingga Rp 8.500 per kg. Sedangkan untuk besi beton full KASP ukuran diameter 8 mm, 10 mm, dan 12 mm harga per kilogramnya Rp 7 ribuan. Harga besi beton per kilogram di setiap tempat bisa berbeda-beda, tergantung jenisnya, apakah ulir atau polos, serta ukuran yang dipilih.

Loading...