Terdiri dari 2 Tipe, Ini Harga Coolant Pendingin Radiator Mobil Honda

Coolant Pendingin Radiator - www.gridoto.comCoolant Pendingin Radiator - www.gridoto.com

Radiator merupakan salah satu komponen yang perlu diperhatikan agar performa tetap prima untuk digunakan berkendara setiap hari. Para biasanya menggunakan cairan (coolant) atau bahkan ada yang menggunakan air biasa untuk mengisi air pada radiator mobilnya. Keduanya sebenarnya sama-sama berfungsi sebagai pendingin suhu di dalam .

Pendingin tersebut bekerja melalui penyaluran sirkulasi ke dalam dengan menggunakan pompa. Cairan tersebut akan mengalir ke dalam jalur di sekitar silinder blok mesin dan kembali lagi ke thermostat. Lalu, sebaiknya radiator lebih baik diisi air biasa atau coolant? Rupanya, menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, masing-masing mempunyai perbedaan.

Sapta memaparkan bahwa air biasa tak bisa bekerja semaksimal coolant dalam hal mendinginkan mesin. Pasalnya, cairan khusus tersebut dirancang dengan berbagai bahan tambahan, sehingga dapat menjaga suhu ruang bakar. “Lagi pula coolant juga mampu untuk menahan korosi di dalam saluran radiator hingga water jacket di dalam mesin,” beber Sapta, seperti dilansir Kompas.

Tak cukup sampai di situ, memakai cairan radiator khusus seperti coolant juga dapat meminimalisir terjadinya endapan yang dapat berpotensi menyebabkan buntu dibandingkan dengan air biasa. Tetapi jika dari aspek ekonominya, tentu saja air biasa jauh lebih terjangkau daripada coolant.

Adapun untuk coolant mobil keluaran Honda misalnya, terdiri dari 2 tipe, yakni Coolant Cairan Pendingin Honda type 1 dan Long Life Coolant All Season Anti-Freeze Coolant Honda type 2. coolant mobil Honda type 1 relatif terjangkau, sekitar Rp 36 ribuan per botol. Sedangkan coolant Honda antifreeze atau type 2 harganya lebih mahal, berkisar Rp 175 ribuan per botol.

Coolant Honda type 1 dan 2 memang berbeda. Tipe 1 kabarnya dapat langsung dipakai tanpa diencerkan lagi, serta memiliki titik didih yang tinggi sekitar 18°C. Sedangkan coolant tipe 2 atau anti-freeze harus diencerkan terlebih dahulu dan penggunaannya harus disesuaikan dengan iklim. Untuk iklim tropis dianjurkan menggunakan perbandingan 50:50. antifreeze umumnya bisa menahan panas hingga 128°C.

Loading...