Terdampak Tsunami, Penginapan di Anyer Tetap Beroperasi

Kondisi pesisir Pantai Anyer dilihat dari kamar Hotel Marbella Anyer, Banten - kompas.com

JAKARTA/ANYER – tsunami yang menerjang di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandeglang, Lampung Selatan, dan Serang pada Sabtu (22/12) kemarin, tidak hanya menelan banyak korban jiwa. Banyak yang rusak akibat bencana tersebut. Meski demikian, masih ada beberapa di Pantai Anyer yang tetap beroperasi karena tidak terdampak parah.

“Ada penginapan yang rusak, kalau kita hitung-hitung ada sekitar hampir 20 unit penginapan yang terdampak,” ujar Ketua Harian Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Provinsi Banten, Ashok Kumar, dilansir Detik Finance. “Yang mengalami kerusakan kebanyakan penginapan yang didominasi oleh material bambu seperti saung.”

Sementara itu, menurut keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, seperti dikutip Liputan6, setidaknya ada sembilan hotel yang mengalami kerusakan parah. Lokasi yang banyak ditemukan korban adalah di Hotel Mutiara Carita Cottage, Hotel Tanjung Lesung, dan Kampung Sambolo.

Menurut data pada hari Minggu (23/12) kemarin, di Pandeglang, daerah yang terdampak tsunami adalah kawasan Kecamatan Carita, Panimbang, dan Sumur (Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita). Total korban meninggal dunia sebanyak 14 orang, 155 orang lainnya luka-luka, 43 rumah mengalami kerusakan berat, 9 hotel rusak parah, sedangkan puluhan kendaraan rusak.

“Okupansi drop hingga lebih dari 50 persen di Tanjung Lesung, Carita, dan Cinangka. Mereka banyak yang check-out karena merasa tidak nyaman dengan kondisi sekarang,” sambung Ketua PHRI Provinsi Banten, Achmad Sari Alam, dilansir Kompas. “Sementara, dari Anyer, kabarnya sudah ada beberapa yang check-out. Di Anyer, sudah ada sekitar 80 persen yang reservasi untuk Tahun Baru 2019.”

Karena tidak terlalu terdampak parah, hotel-hotel di sekitar Pantai Anyer dan Pantai Marbella tetap beroperasi setelah tsunami. Hingga detik ini, masih ada sekitar lebih dari seribu penginapan di sekitar Pantai Anyer dan Pantai Marbella yang masih bisa beroperasi dan menerima , antara lain Nuansa Bali, Hotel Patra, Sangiang, dan masih banyak lagi.

Loading...