Terapkan Sistem UKT, Berikut Biaya Kuliah Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara (USU)

Biaya, kuliah, kedokteran, gigi, universitas, sumatera, utara, USU, program, studi, prodi, fakultas, golongan, uang, tunggal, UKT, jalur, mandiri, 2018, SNMPTN, SBMPTN, ekstensi, medanDokter mempraktikkan cara membersihkan gigi

Memilih jurusan untuk melanjutkan di tentunya harus mempertimbangkan berbagai aspek terutama untuk prospek masa depan. Sama halnya dengan jurusan , setiap orang tentunya memiliki alasan tersendiri dalam memutuskan untuk kuliah di Gigi.

Kedokteran Gigi merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat, termasuk dalam hal teknologi. Tidak sedikit orang memutuskan untuk berkecimpung di bidang ini agar dapat terlibat langsung dalam pengembangan ilmiah Kedokteran Gigi. Selain itu, teknologi dan riset di Kedokteran Gigi terus menunjukkan prospek yang menjanjikan.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak universitas yang menawarkan pendidikan Kedokteran Gigi, salah satunya adalah USU. Universitas Sumatera Utara atau USU merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Medan. USU menjadi salah satu universitas terbaik di Pulau Sumatra. Ada banyak fakultas yang ada di USU, salah satu yang menjadi favorit adalah Fakultas Kedokteran Gigi yang berdiri sejak 3 November 1961.

“Praktik kedokteran gigi umum mencakup sebagian besar pemeriksaan diagnosa, perencanaan perawatan dan pencegahan penyakit. Perawatan dapat mencakup pencabutan saraf gigi, pencabutan gigi, penggantian gigi yang tercabut,” demikian tertulis di laman resmi Fakultas Kedokteran Gigi USU.

Fakultas Kedokteran USU memiliki visi menjadi institusi pendidikan unggulan tingkat nasional dan regional dalam menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing global dan berwawasan entrepreneurship. Untuk mewujudkan hal tersebut, fakultas ini menyelenggarakan pendidikan mulai jenjang S1, S2, S3, hingga profesi dan spesialis.

Untuk jenjang profesi ada satu yakni Pendidikan Dokter Gigi, sementara untuk jenjang spesialis terdapat empat prodi, meliputi Ortodonsia, Konservasi Gigi, Periodonsia, dan Prostodonsia. Kemudian jenjang pascasarjana dan doktoral juga memiliki satu yakni Ilmu Kedokteran Gigi.

USU sendiri menyediakan empat pilihan jalur masuk mahasiswa baru, seperti jalur SNMPTN, SBMPTN, jalur Mandiri, dan jalur Ekstensi. Sementara mengenai pendidikannya, sejak tahun 2013, USU telah menerapkan sistem pembayaran pendidikan dengan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Dengan UKT ini, setiap mahasiswa cukup membayar pendidikan satu kali pada tiap awal baru, tanpa perlu membayar uang pangkal/ gedung, praktek/lab, dan lain-lain. Hal tersebut dapat memudahkan proses pembayaran pendidikan di USU.

Penetapan UKT di USU didasarkan pada penghasilan orang tua. Apabila jumlah penghasilan orang tua besar, maka UKT yang harus dibayar berada pada level tinggi, sedangkan jika jumlah penghasilan orang tua kecil/rendah, maka UKT yang harus dibayar pada kelompok rendah atau yang sesuai.

Seperti contoh, biaya UKT S1 Kedokteran Gigi USU tahun ajaran 2017/2018 lalu, untuk golongan I dibanderol sebesar Rp500.000, golongan II sebesar Rp1.000.000, golongan III sebesar Rp1.800.000, golongan IV yaitu Rp2.900.000, golongan V adalah Rp4.000.000, golongan VI sebesar Rp5.100.000, serta yang termahal golongan VII sebesar Rp6.200.000.

Loading...