Terapkan Pendidikan Berbasis Lingkungan, Berapa Biaya Masuk Sekolah Alam Bekasi (SASI)?

Sekolah Alam Bekasi - yasminahasni.comSekolah Alam Bekasi - yasminahasni.com

Ragam formal yang tersedia di kini semakin variatif. Sejak usia dini, anak-anak sudah memiliki beberapa pilihan untuk menempuh di sekolah formal biasa, sekolah internasional, sekolah berbasis boarding school atau pondok pesantren, hingga sekolah alam yang belakangan ini sedang digemari para orang tua. Salah satu sekolah alam yang mungkin cukup di Bekasi adalah Sekolah Alam Bekasi alias SAsi.

SASI merupakan sebuah sekolah alam yang berlokasi di Jalan Raya Hankam No. 99, Jatiranggon, Bekasi. Sekolah ini didirikan oleh Yayasan Cinta Alam sejak tahun 2009 lalu. “SAsi mengutamakan akhlak dalam pembelajaran kesehariannya dan fokus kepada pembentukan akhlak dan karakter , berakidah yang lurus, berlogika ilmiah, cinta lingkungan, kepemimpinan dan kewirausahaan,” demikian seperti dilansir website SASI.

Metode pembelajaran di SASI kabarnya sangat khat dibanding sekolah formal lainnya lantaran mengusung model berbasis tematik sesuai dengan usia dan capaian kurikulum Diknas. Pembelajaran tematik tersebut didukung oleh pembelajaran khas SASI seperti salat dan mengaji, outbond, Greenlab, Market Day, Information Communication and Technology (ICT), Library, serta berbagai kegiatan pendukung lainnya seperti Science Fair, Literacy Book, Camping, Outing, Apprenticeship, Expedition, Home Visit, dan masih banyak lagi.

Di SASI tersedia jenjang pendidikan mulai Pra Sekolah (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah (SM). Sayangnya pihak SASI tidak mencantumkan secara rinci berapa biaya pendidikan di sana melalui website resminya. Berdasarkan pengakuan salah satu orang tua yang menyekolahkan anaknya di SASI, biaya pendaftaran jenjang TK tahun 2014 lalu sekitar Rp 400 ribu, uang pangkal Rp 3,7 juta, uang tahunan Rp 2.750.000, seragam outbond dan rompi Rp 400 ribu, dan SPP untuk satu bulan Rp 450 ribu. Kemudian tahun 2017 biaya SPP naik sekitar Rp 600 ribuan.

Sedangkan pada tahun ajaran 2014/2015 untuk jenjang SD dari murid yang tak berasal dari TK SASI biaya masuknya Rp 19.150.000 dan siswa lulusan TK SASI hanya dikenai biaya Rp 15.050.000. “Ini semua di luar biaya outing, ekskul dan makan siang. Sebab kegiatan belajar mengajarnya berlangsung sejak pukul 08.00-12.00 untuk TK dan sampai sore untuk anak SD. Kurikulumnya mengikuti kurikulum Kementerian Pendidikan, jadi untuk melanjutkan ke SMP nanti, enggak perlu ujian persamaan. Karena ujiannya juga sama. Yang beda hanya penerapan cara pengajaran materinya,” ujar Yasmina Hasni, salah satu orang tua di blog pribadinya.

Loading...