Terapkan Kurikulum Tematik Terapan, Berapa Biaya Pesantren Darussunnah Ciputat?

Biaya, pesantren, Darussunnah, Ciputat, Tangerang, madrasah, international institute, for, hadith, science, pendidikan, berbasis, islam, konvensional, pendaftaran, seleksi, penerimaan, mahasantri, baru, ponpes, pondok,Gedung utama Pesantren Darussunnah Ciputat (sumber: darussunnah.id)

Selain umum dan ‘konvensional’, di Indonesia memang marak berdiri , yang tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan umum, tetapi juga berfokus pada pengajaran pengetahuan . Ada banyak pondok pesantren yang telah tersebar di banyak daerah di Indonesia, dan salah satu yang cukup populer adalah Ponpes Darussunah yang ada di kawasan Ciputat, Tangerang.

Darus Sunnah menawarkan sesuatu yang lain, yakni kitab kuning. Pendalaman agama berbasis kitab kuning menjadi salah satu kekhasan Yayasan Wakaf Darus-Sunnah. Para santri dianggap akan selamat dari paham-paham radikal jika masih mau mengaji kitab kuning.

Saat ini, sekolah yang mengajarkan kitab kuning sudah terbilang sangat langka. Dengan pendalaman agama berbasis kitab kuning, Darus Sunnah bertekad menjadi sekolah terdepan yang mendorong para muridnya untuk menjadi ulama yang shalih dan mushlih (berguna untuk sesama) berilmu, berakhlak mulia, dan bertanggung jawab.
Kurikulum di ponpes ini juga didesain dalam bentuk tematik-terapan yang berhubungan langsung dengan problem solving. Dalam setiap pembelajaran, akan selalu dibimbing untuk mengidentifikasi masalah-masalah real dalam kehidupan sehari-hari dan menemukan penyelesaiannya.

Semua pembinaan dan pembelajaran di Pesantren Darussunnah dilakukan dengan mengedepankan prinsip parenting dengan metode active learning yang tidak membuat santri bosan. Dengan prinsip parenting, semua yang ada di sekolah adalah keluarga. Dengan istilah keluarga sendiri, maka tidak ada istilah si pintar atau si bodoh, si ganteng dan si jelek, atau si baik dan si jahat. Semuanya adalah keluarga yang pintar dan menjadi diri sendiri yang saling melengkapi dan saling membutuhkan satu sama lain.

di Darus Sunnah dilakukan berbasis multiple intelligences, sehingga penilaian bukan didasarkan pada penilaian-penilaian formatif, melainkan penilaian dilakukan secara komprehensif. Setiap anak memiliki kecerdasan yang majemuk dan memiliki gaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, metode pembelajaran disesuaikan dengan kecerdasan yang majemuk tersebut.

“Selama belajar di Darus Sunnah, siswa akan mendapatkan pembinaan bilingual Bahasa Arab dan Inggris secara intensif. Mereka dilatih untuk berbahasa Arab dan Inggris secara aktif, baik lisan maupun tulisan. Pembinaan bahasa tidak dilakukan di kelas biasa, melainkan dikelola seperti lembaga kursus bahasa asing dan dibina secara sangat intensif,” demikian tertulis dalam website resminya.

Untuk bisa menempuh pendidikan di Ponpes Darussunnah Ciputat, para calon santri akan terlebih dahulu diwajibkan untuk mengikuti tes. Tes masuk dilakukan untuk mengetahui potensi yang dimiliki calon santri dan berpeluang untuk ditumbuhkembangkan dalam diri calon santri, dengan menggunakan pendekatan Multiple Intelligences Research (MIR). MIR juga meliputi bacaan al-Quran dan Arab, praktik ibadah wajib, psikotes, dan wawancara calon santri dan walinya.

Berbicara tentang pendidikan, sebelumnya, pendidikan mahasantri di Darus-Sunnah dibebaskan dari . Namun sejak tahun 2014, setiap mahasantri dikenakan SPP bulanan dan pembayaran donasi wakaf untuk pembangunan pesantren. Untuk informasi perinciannya, bisa hubungi panitia Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru (SPMB) Darus-Sunnah. pendaftaran di International Institute for Hadith Sciences tahun lalu sebesar Rp200 ribuan.

Loading...