Terapkan Konsep Pendidikan Berbasis Alam, Ini Rincian Biaya Masuk Sekolah Alam Depok

Biaya, masuk, sekolah, Alam, Indonesia, Depok, SAI, TK, SD, lanjutan, SMP, SMA, jenjang, pendidikan, kurikulum, kota, program, Cipedak, ekstrakurikuler, rincian, DPP, SPP, jihad, harta,Salah satu kegiatan di Sekolah Alam Depok (instagram: @syolahudin)

Alam Indonesia (SAI) Depok yang didirikan tahun 2006 lalu, pada awalnya suatu gagasan , yang diwujudkan menjadi sebuah model sekolah dengan alam sebagai sumber . Konsep sekolah alam meyakini bahwa berkualitas sesungguhnya ditentukan oleh kualitas , terapannya, serta yang visioner.

Kurikulum visioner yang dimaksudkan terdiri atas kurikulum akhlak yang ditujukan untuk pengembangan aspek sosial emosi agar terbentuk karakter mulia yang beriman, kurikulum leadership yang ditujukan untuk pengembangan aspek fisik dan kepemimpinan agar terbentuk karakter kinerja yang tangguh, kurikulum logika sains yang ditujukan untuk pengembangan aspek kognitif agar terbentuk kemampuan literasi serta keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta kurikulum yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan entrepreneurship agar terbentuk sikap mandiri, bermanfaat, dan melayani.

Sekolah Alam Depok hingga saat ini memiliki empat jenjang pendidikan, yakni TK, SD, Sekolah Lanjutan, dan SMA. Guna menunjang keterampilan serta kemampuan tiap siswanya, SAI juga memberikan sejumlah ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler di Sekolah Alam Depok merupakan kegiatan di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk memperluas dan juga menyalurkan bakat dan minat .

Sehubungan dengan hal tersebut, Sekolah Alam Depok membagi dua belas kegiatan ekskul ke dalam 3 level. Level pertama, diperuntukkan bagi siswa-siswi kelas 1 dan 2, level kedua untuk siswa-siswi kelas 3 dan 4, dan level ketiga untuk siswa-sisi kelas 5 dan 6. Adapun pilihan ekskul yang bisa dipilih oleh siswa antara lain, seni tari, thifan, futsal cluster bawah, perkusi, teater, penulis cilik, handicraft, science club, fotografi, panahan, cooking, dan futsal. Kegiatan ekskul ini dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 13.00 hingga 14.30.

Beberapa waktu lalu, ratusan pelajar SAI Kota Depok menggelar pawai penyambutan bulan suci Ramadan di kawasan studio Alam Depok. Kepala Sekolah Alam Indonesia Kota Depok, Rizko Pujiantono mengatakan, kegiatan pawai penyambutan Ramadan seperti saat ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun ketika mendekati bulan suci Ramadan.

“Sebagai umat Islam tentunya bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Untuk itulah kami menyambut dengan menggelar pawai yang diikuti 229 siswa,” ujarnya kepada Radar Depok.

Dengan membawa atribut yang terbuat dari barang bekas, siswa-siswi dengan didampingi para fasilitator atau guru berkeliling lingkungan di luar sekolah. Mereka menyambangi rumah warga dengan membagikan bingkisan.

Dengan pola pembelajaran yang seperti ini, tidak jarang membuat orang tua tertarik untuk menyekolahkan putra-putrinya di Sekolah Alam Depok. Sayangnya, di website resmi SAI tidak dijelaskan secara rinci biaya masuk di Sekolah Alam Depok. Namun, berdasarkan sumber lain, pada tahun 2017 lalu, Sekolah Alam Depok Cipedak (untuk jenjang TK) membebankan biaya pendaftaran sebesar Rp400 ribu, biaya sit in Rp450 ribu, DPP sebesar Rp15.000.000, biaya jihad harta per tahun sebesar Rp3,5 juta, biaya SPP per bulan Rp620 ribu. Untuk jenjang SD hanya berbeda pada biaya SPP saja, yakni Rp675 ribu. Sementara untuk SL (Sekolah Lanjutan/SMP) berbeda pada DPP eksternal Rp12 juta, jihad harta Rp4 juta, dan biaya SPP Rp730 ribu.

Loading...