Tekstur Renyah, Manisan Pepaya Basah Kaya Serat dan Antioksidan

Manisan Pepaya Basah

Aneka dengan tekstur keras memang sangat cocok dijadikan camilan berupa . Pasalnya, selain memiliki yang sangat enak, tekstur renyah dari buah itu menjadi salah satu kenikmatan yang banyak dicari. Nah, salah satu buah yang bisa dijadikan alternatif membuat adalah buah pepaya.

“Jadi, kalau buah yang memiliki tekstur keras, akan terasa renyah ketika dijadikan manisan, seperti buah-buah yang masih muda, pepaya, mangga, bengkuang, dan lain sebagainya,” jelas Chef dari Batik Lounge & Terrace, Sugeng Riyadi. “Sementara, buah dengan kadar air tinggi, tidak cocok dijadikan manisan.”

Senada, Chef Budi Sutomo juga menuturkan bahwa buah yang digunakan untuk manisan sebaiknya memiliki tekstur keras dan padat, atau memilih buah yang setengah matang. Selain dari tekstur, buah yang akan dibuat manisan juga harus dipilih yang memiliki rasa tawar, manis, atau asam. “Buah dengan rasa tawar akan mendominasi manis dari gula, sedangkan buah asam akan menjadi manisan kombinasi yang memiliki rasa sama serta manis,” kata Chef Budi.

Manisan dari buah pepaya sendiri konon merupakan salah satu makanan khas . Makanan dasar pepaya ini biasanya disajikan dalam bentuk basah dan kering. Meski dalam proses pembuatan manisan ini, pepaya akan ditambahkan gula, namun tidak akan melunturkan khasiat alami dari buahnya. Seperti diketahui, pepaya kaya akan serat, C, dan antioksidan yang disebut mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Untuk membuat manisan ini, Anda cukup menyediakan satu buah pepaya, kupas, cuci bersih, lalu belah dan jadikan potongan kecil-sedang. Kemudian, rendam potongan pepaya tadi ke dalam larutan air garam sampai menjadi layu, lalu tiriskan. Setelah itu, rendam lagi di dalam larutan air kapur sirih selama sekitar 12 jam sampai bersih. Kemudian, pindahkan ke wadah baru dan beri taburan 500 gram gula, aduk sampai rata, dan diamkan selama 2 jam.

Kemudian, air gula hasil campuran potongan daging pepaya dengan gula tadi ditambahkan dengan 500 gram gula pasir, setelah itu rebus air gula sampai kental, lalu angkat dan biarkan dingin. Langkah selanjutnya, siram potongan daging pepaya dengan air gula, kemudian simpan dalam stoples dan biarkan sampai semalaman hingga berair. Setelah itu, tiriskan kembali potongan daging pepaya dan sajikan.

Loading...