Teknik Lebih Rumit, Harga Cabut Gigi Geraham Bungsu Mulai Rp500 Ribuan

Harga, cabut, gigi, geraham, bungsu, belakang, dewasa, pasien, dokter, kesehatan, risiko, pencabutan, klinik, swasta, rumah sakit, puskesmas, bius, tindakan, teknik, fungsi, prosedur, bedah, operasi,Pasien operasi gigi di rumah sakit

Biasanya seseorang yang malas menyikat , atau memiliki kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol serta makanan manis akan mudah mengalami permasalahan . Jika masalahnya hanya sekadar pada berlubang, maka tindakan tambal bisa menjadi solusi. Namun jika sudah benar-benar rusak, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan pencabutan .

Gigi milik orang dewasa yang harus dicabut biasanya disebabkan karena sejumlah kondisi, di antaranya seperti rongga mulut yang terlalu penuh. Seperti diketahui, saat memasuki usia 20-an tahun biasanya gigi geraham belakang akan mulai tumbuh di gigi sebelah kiri dan kanan. Ada yang sukses tumbuh dengan sempurna, ada pula yang menimbulkan rasa sakit berkepanjangan hingga harus dicabut.

Gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak normal memang menyebalkan. Saat berkonsultasi ke mengenai geraham bungsu, akan mengobservasinya terlebih dahulu. Jika memang perlu dicabut, pasien pun harus bersiap-siap untuk pencabutan tersebut. Berbeda dengan gigi lainnya, gigi geraham bungsu mungkin memerlukan teknik pencabutan yang lebih rumit dari biasanya, karena harus melalui prosedur bedah, atau gigi bungsu.

Beberapa efek yang menandakan harus segera dilakukan operasi gigi yaitu jika gigi bungsu memicu rasa sakit, , atau nyeri serta merusak gigi atau tulang di sekitarnya. Selain itu, gigi bungsu yang harus segera ditindak yaitu jika menyebabkan sisa makanan terperangkap serta sulit dibersihkan dan terbentuknya kista (kantong berisi cairan) di sekitarnya.

Meski demikian, operasi gigi bungsu juga harus ditunda jika terjadi gigi bengkak, infeksi, demam, rasa sakit yang tak tertahankan. Umumnya dokter gigi akan terlebih dahulu memberikan obat antibiotik untuk mencegah kondisi lebih parah atau menyebar. Dokter juga akan memberikan obat pereda nyeri untuk meringankan rasa sakit dan obat kumur antibakteri. Hal ini sebelum tindakan lanjutan terhadap gigi bungsu dapat dilakukan.

“Gigi bungsu yang tidak dioperasi biasanya tidak mendatangkan kematian, akan tetapi akan menimbulkan masalah di waktu yang akan datang seperti memicu sakit yang sangat
Infeksi, nyeri gusi, merusak gigi dan tulang di sekitarnya, dapat terbentuk kista, dan risiko lainnya,” ujar dr. Jati Satriyo dilansir dari laman Alodokter.

Seperti diketahui, gigi geraham berfungsi dalam proses mengunyah dan menggiling makanan. Apabila terjadi kerusakan pada suatu gigi, dan jika dibiarkan, kelak tidak menutup kemungkinan gigi sebelahnya juga mengalami kerusakan. Hal ini yang menjadi salah satu pertimbangan mengapa gigi tersebut perlu dicabut. Teknik pencabutan gigi ini berbagai macam, dapat dengan menggunakan bius lokal, ataupun bius umum. Hal ini tergantung dari hasil pemeriksaan dokter serta kesanggupan dari pasien. Masing-masing tindakan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Melakukan tindakan cabut gigi di atau biasanya berkisar mulai dari Rp150 ribuan, bahkan lebih, tergantung dari tindakan yang dilakukan. Sebagai gambaran, pencabutan gigi geraham bungsu di klinik swasta wilayah Jakarta Selatan berkisar Rp500.000-1 jutaan. Namun jika mencabut gigi di puskesmas biayanya bisa di bawah Rp150 ribu.

Loading...