Tawarkan Program eSport, Biaya Masuk SMA 1 PSKD Bersifat Fleksibel

SMA 1 PSKD - today.line.meSMA 1 PSKD - today.line.me

SMA 1 PSKD (Perkumpulan Sekolah Kristen Djakarta) tampaknya bisa dibilang sebagai salah satu sekolah yang cukup unik di Indonesia. Sekolah yang berlokasi di Jalan Diponegoro No. 80, Pusat ini adalah sekolah menengah atas pertama di Tanah Air yang mengajarkan e-sport atau yang berkaitan dengan dunia . Sekolah ini cukup bukan hanya karena program e-sportnya saja, tetapi juga karena masuk SMA 1 PSKD yang cukup fleksibel.

“Sebenarnya, program ini sudah berjalan sejak tahun 2016 lalu, tapi diperkenalkan ke publik tahun ini. Jadi, kami melihat di bidang apa anak-anak ingin mengembangkan karier dan bakatnya. Nah, salah satu yang sedang diminati oleh remaja adalah bidang eSports ini,” ungkap Yohannes Siagian, Kepala Sekolah SMA 1 PSKD, seperti dilansir Kumparan.

Di SMA 1 PSKD bukan hanya mengajarkan soal dan strategi game saja, para juga diajarkan tentang komunikasi, ekonomi dasar, sosiologi, kerjasama tim, matematika dasar, hingga di sektor industri game. “Saat ini, dunia digital berkembang dengan sangat pesat. Bahkan, konten online itu merupakan salah satu pemasukan besar bagi negara dan game online juga mengambil peran di dalamnya. Karenanya, kami ingin membekali anak, enggak hanya siap di dunia nyata saja, tapi juga dunia digital,” bebernya.

Persaingan untuk masuk program e-sport di SMA 1 PSKD pun kabarnya cukup ketat. Dari 600 siswa yang mendaftar, hanya sekitar 70 siswa yang lolos. Ada 3 cabang esport yang dibuka SMA 1 PSKD, yaitu League of Legends, DotA 2, dan CS: GO.

Terkait biaya pendidikan, rupanya di SMA 1 PSKD setiap orang tua murid berhak mengajukan jumlah total biaya selama 3 tahun sesuai keadaan setiap keluarga. Nantinya biaya pendidikan akan disesuaikan oleh pihak sekolah dengan pengajuan tersebut, sehingga besaran biaya sekolah bagi setiap murid kemungkinan akan berbeda-beda.

“Sejak tahun 2015, SMA 1 PSKD tidak lagi memberlakukan sistem pembiayaan yang menggunakan berbagai unsur seperti uang sekolah, uang pangkal/gedung, uang kegiatan, dst. Biaya pendidikan di SMA 1 PSKD telah diperhitungkan untuk masa studi 3 tahun dan mencakup semua biaya,” demikian bunyi penjelasan di situs resminya.

SMA 1 PSKD juga menyediakan fasilitas asrama bagi para siswa yang berasal dari luar Jakarta dengan kisaran biaya sekitar Rp 1,2 juta per bulan. Pendaftaran di SMA 1 PSKD dibuka setiap hari Senin-Jumat. Uniknya pendaftaran siswa baru di SMA 1 PSKD dibuka sejak 2 tahun sebelum tahun registrasi, jadi jika calon siswa ingin mendaftar untuk tahun ajaran 2019/2020 bisa mendaftar sejak tahun 2018 ini.

Loading...