Tawarkan Potensi Pendapatan Besar, Harga Hotel di Pangandaran Mulai Rp 134 Ribuan

Hotel di Pangandaran - www.tripadvisor.co.idHotel di Pangandaran - www.tripadvisor.co.id

Kabupaten Pangandaran terkenal akan potensi bahari-nya yang melimpah. Ada begitu banyak dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Pangandaran. Bahkan menurut Kabupaten Pangandaran, Pangandaran memiliki potensi mencapai Rp 300 miliar hanya dari sektor saja, terutama berkaitan dengan hotel dan . Pasalnya setiap tahunnya rata-rata sekitar 1,5 juta wisatawan berlibur ke Pangandaran.

“Kalau dikalkulasikan, misalkan setiap yang datang itu mengeluarkan berapa selama di Pangandaran, terbayang nilai dari pariwisata luar biasa. Makanya kalau 2018 nanti sistem sudah bisa diterapkan, minimal Rp 300 miliar bisa dapat dari pariwisata saja. Dalam arti makro ya, bukan hanya retribusi (tiket wisata), tapi termasuk juga pajak hotel dan restoran,” kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, Iwan M Ridwan, seperti dilansir Pikiran Rakyat.

Meski demikian, menurut Iwan sistem retribusi dan sistem pajak yang ideal belum bisa langsung diterapkan untuk meraup potensi pendapatan yang belum tergali. Oleh sebab itu ia mendukung langkah Pemkab yang sepanjang tahun 2017 ini ingin fokus pada penataan kawasan mulai dari penataan pedagang kaki lima, penempatan perahu-perahu di area khusus, hingga pembersihan pantai.

“Setelah pembenahan, baru bisa dipikirkan, mana saja rumah makan bandel. Atau hotel bandel yang suka memanipulasi hunian dari 70% tapi lapornya 30%, dari Rp 700 ribu lapor ke Pemkab harganya Rp 400 ribu. Itu yang nanti harus ditindak, kalau perlu izin operasionalnya cabut,” tandasnya.

Hotel-hotel baru di Pangandaran pun terus bermunculan. Harga atau kamar yang ditawarkan di Pangandaran cukup bervariasi, biasanya paling murah berkisar antara Rp 134 ribuan hingga mencapai Rp 2,2 jutaan per malam, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan.

Bahkan bulan Oktober 2017 depan Hotel Aston menyatakan siap beroperasi perdana di Pangandaran. Hingga kini pembangunan Hotel Aston Pangandaran masih dalam tahap finishing. Owner Hotel Aston Pangandaran, Tjahja Santoso memastikan bahwa hotel bintang 5 ini nantinya akan berbeda dari hotel pada umumnya sebab akan ada edukasi untuk wisatawan.

“Selain disediakan untuk edukasi, ke depan para wisatawan yang berkunjung ke Hotel Aston juga bisa menikmati sarana yang disiapkan, diantaranya waterboom, kolam ombak, dan water . Maka dari itu Hotel Aston di Pangandaran dipastikan berbeda dan memberikan lebih untuk para pengunjungnya,” ucap Tjahja.

Loading...