Tawarkan Pendidikan Jenjang SMK, Ini Biaya Pesantren Bima Cirebon

Pesantren Bima Cirebon - pesantrenbima.comPesantren Bima Cirebon - pesantrenbima.com

dalam yang ada di saat ini sudah banyak , termasuk Pondok Pesantren Bina Insan Mulia (Bima) Cirebon. Ponpes yang terletak di Jalan KH Anas Sirojuddin, Cisaat, Cirebon, Jawa Barat ini menyediakan pendidikan jenjang SMP IT, MA Unggulan, dan SMK ini berusaha merespons setiap perubahan yang ada perkembangan dunia pendidikan saat ini termasuk menyediakan jurusan baru.

“Sebagai yang menerima amanat untuk menyediakan pendidikan agama (tafaqquh fiddin), mengembangkan dakwah, dan mengembangkan masyarakat, maka pesantren perlu menciptakan respon yang kreatif terhadap perubahan,” ungkap Pengasuh Pesantren Bina Insan Mulia, KH Imam Jazuli, Lc., MA, seperti dilansir Tribunnews.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membangun SMK Broadcast Pertelevisian Bina Insan Mulia. SMK tersebut beroperasi dari tahun 2012 dan disebut sebagai SMK berbasis pesantren pertama di Indonesia. Minat santri dalam broadcast tersebut kabarnya cukup bagus. Dari 1.000 santri yang belajar di Pesantren Bima, 200 di antaranya bersekolah di SMK Broadcast Pertelevisian. “Jadi istilahnya adalah mem-pesantren-kan pendidikan vokasi, bukan memvokasikan pesantren,” katanya.

Di website resminya, Pondok Pesantren Bina Insan Mulia Cirebon memang tak menjabarkan secara rinci berapa yang dibutuhkan untuk masuk dan menempuh pendidikan di sana pada tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan informasi tahun ajaran 2017/2018 lalu, setelah diterima masuk di Ponpes BIMA, santri jenjang SMK kelas X (sepuluh) ditarik sekitar Rp 960 ribu untuk semua jurusan. tersebut meliputi pendaftaran ulang, uang makan untuk 1 bulan, uang laundry sebulan, dan uang istighosah bulanan.

Sedangkan santri jenjang SMP kelas VII (tujuh) ditarik biaya sekitar Rp 1,46 juta yang juga meliputi pendaftaran ulang, uang makan untuk 1 bulan, uang laundry sebulan, dan uang istighosah bulanan. Biaya Pesantren Bima Cirebon untuk tahun ini kemungkinan tidak terpaut terlalu jauh. Namun untuk lebih pastinya, calon pendaftar bisa langsung menanyakan ke pihak panitia pendaftaran Pesantren Bima. Yang jelas pendaftaran siswa-siswi baru SMP IT, MA Unggulan, dan SMK sudah berakhir sejak Desember 2017 lalu. Belum diketahui kapan pendaftaran akan dibuka lagi.

Loading...