Tawarkan Pemandangan Indah Nan Eksotis, Ini Kisaran Biaya Liburan ke Pulau Weh

Liburan ke Pulau Weh - travel.dream.co.idLiburan ke Pulau Weh - travel.dream.co.id

Weh, Sabang belakangan ini menjadi destinasi yang cukup di mata para wisatawan, terutama bagi kalangan penyelam. Pasalnya di Weh ada banyak spot diving yang bagus untuk menyelam atau snorkeling sembari menikmati keindahan bawah laut. Dibandingkan ke Raja Ampat, bisa dibilang ke Weh masih relatif lebih terjangkau dan menawarkan keindahan yang tak kalah uniknya dari Raja Ampat.

Karena keindahan Pulau Weh, saat Lebaran beberapa waktu lalu pun pulau eksotis satu ini ramai dikunjungi wisatawan karena wilayah barat Indonesia sedang mengalami cuaca buruk. “Dalam beberapa hari pengunjung membeludak ke Sabang. Bahkan masih cukup banyak wisatawan yang mengantrekan kendaraan ke Sabang,” ujar Kabag Umum dan Humas Pemkot Sabang Bahrul Fikri, seperti dilansir Bisnis.

Wisatawan biasanya berkunjung ke sejumlah tempat wisata utama Sabang seperti Tugu Nol Kilometer, Benteng Jepang, hingga beberapa spot diving dan pantai. Bahrul menjelaskan, tiap tahun kunjungan wisatawan ke Sabang memang cukup padat. Tak hanya didominasi warga Aceh, banyak juga turis asal Medan dan kota-kota besar lainnya. “Kunjungan wisatawan mencapai 10.000 orang sejak Lebaran pertama. Biasanya akan bertahan hingga enam hari setelah Idul Fitri,” paparnya.

Beberapa agen travel biasanya mematok biaya trip atau perjalanan ke Pulau Weh Sabang untuk 3 hari 2 malam dengan atau harga antara Rp 2.995.000 hingga Rp 3,8 jutaan per orang untuk yang lengkap dengan diving. Biaya tersebut sudah termasuk transportasi, makan, akomodasi hotel, tiket masuk tempat wisata, air minum, dan masih belum termasuk dengan tiket pesawat.

Jika berangkat dari Jakarta, maka bisa naik pesawat dari Jakarta ke Aceh dengan harga tiket mulai dari Rp 1 jutaan untuk sekali jalan. Jika sedang promo, harga tiket pesawat Jakarta-Aceh dibanderol sekitar Rp 930 ribu saja. Para backpacker setidaknya harus pintar-pintar menentukan tanggal keberangkatan dalam pemesanan tiket pesawat.

Jika tidak ada tiket promo dari Jakarta ke Aceh, bisa juga mengambil penerbangan ke Kualanamu, Medan, lalu naik bus antar kota dari Medan ke Banda Aceh dengan tarif sekitar Rp 200 ribuan. Setibanya di Aceh, bisa ke Pelabuhan Ulee Lheue dengan naik taksi, bus Damri, becak motor, atau labi-labi. Lalu dari Pelabuhan menuju Pulau Weh bisa naik kapal cepat (ferry) atau kapal lambat (roro). Biaya tiketnya mulai Rp 25 ribuan untuk kapal roro, sedangkan kapal cepat sekitar Rp 85 ribuan.

Loading...