Tawarkan Jenjang Pendidikan SD-SMA, Berapa Biaya Homeschooling Ganesha?

Ilustrasi: belajar di rumah

Mendapatkan yang layak bisa ditempuh dengan berbagai cara. Selain bersekolah di sekolah formal, saat ini melalui homeschooling juga sudah banyak dilirik oleh para orang tua. Dibandingkan sekolah formal, rata-rata pendidikan yang diterapkan di homeschooling memang relatif lebih mahal. Bahkan kabarnya setara dengan sekolah swasta.

“Kalau home schooling orang tua yang jadi kepala sekolahnya di rumah. Jadi orang tua sebagai fasilitator untuk . itu minatnya apa, orangtua memfasilitasi. Kebetulan sejauh ini saya yang minta sendiri untuk home schooling,” kata Ike Pratiwi, ketua Komunitas Home Schooling Pancar Tangerang Selatan, seperti dilansir Tribunnews.

Homeschooling sendiri merupakan model pembelajaran di rumah dengan orang tua sebagai utama. Selain itu, bisa pula dengan mendatangkan pendamping sebagai tutor untuk datang ke rumah. homeschooling yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing, entah nasional atau Cambridge IGCSE yang banyak dipakai sekolah internasional di Tanah Air.

“Kurikulum itu customized. Ada yang pakai Diknas ada pula yang Cambridge. Jadi masing-masing berbeda-beda, tergantung anaknya minatnya di mana, karakter, dan gaya belajarnya gimana,” jelas Ike.

Sebelum memasukkan anak ke homeschooling, orang tua juga harus mempertimbangkan banyak hal. “Lihat dulu anaknya mau gak homeschooling. Caranya kita harus tau seluk beluk tentang homeschooling, kemudian kita kasih tahu ke anak kita, kalau homeschooling kamu akan seperti ini. Jadi kita harus tahu konsekuensinya saat anak home schooling,” pesan Ike.

Di Indonesia sendiri perkembangan homeschooling mungkin masih belum semasif di luar negeri. Namun setidaknya saat ini sudah banyak berdiri homeschooling di kota-kota besar yang menawarkan teknik pembelajaran dengan ciri khas masing-masing, meski masih mengacu pada kurikulum nasional atau internasional yang berlaku, salah satunya seperti Homeschooling Ganesha Academy (HSGA) yang terletak di Cikajang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Di Ganesha, pengajaran diklaim dilakukan dengan 75% praktik melalui latihan soal dengan suasana yang menyenangkan. Ganesha menerima -siswi baru dan pindahan untuk jenjang pendidikan SD, SMP, hingga SMA. Sayangnya, seperti halnya homeschooling pada umumnya, Ganesha pun enggan membeberkan secara rinci berapa biaya pendidikan di sana. Namun di kawasan Surabaya, biaya homeschooling berkisar Rp 8-10 juta untuk uang pangkal, sedangkan SPP-nya sekitar Rp 800 ribu – Rp 1,3 juta per bulan. Untuk lebih jelasnya, dapat langsung menghubungi pihak Homeschooling Ganesha.

Loading...