Tawarkan Gaji Tinggi, Ini Kisaran Biaya Kuliah Teknik Perminyakan

Mahasiswa Teknik Perminyakan meninjau secara langsung proses produksi migas yang berlangsung pada Stasiun Pengumpul Utama Field Tambun. - www.itsb.ac.id

Salah satu tujuan seseorang menempuh di adalah untuk mendapatkan yang sesuai dengan yang ditekuni, dan kalau bisa, dengan gaji tinggi. Nah, menurut riset dari PayScale.com, salah satu studi yang berpotensi cepat kerja dengan gaji awal paling tinggi adalah Teknik Perminyakan.  Di Indonesia sendiri, ada beberapa universitas atau perguruan tinggi yang telah membuka studi ini dengan yang memang tidak bisa dikatakan murah.

Universitas Pertamina misalnya, membuka program studi Teknik Perminyakan yang berada di naungan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi bersama Teknik Geofisika dan Teknik Geologi. Ada dua komponen biaya yang dikenakan kepada mahasiswa, yaitu Biaya Sumbangan Pembangunan Institusi dengan besaran Rp12,5 juta sampai Rp20 juta (tergantung periode ) dan SPP per semester sebesar Rp10 juta.

Selain Universitas Pertamina, perguruan tinggi lainnya yang telah menyediakan program studi Teknik Perminyakan adalah Institut Teknologi Bandung atau ITB. Memiliki akreditasi A, biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa yang ingin menempuh jurusan ini sebesar Rp12,5 jutaan per semester untuk Kelas Reguler atau Rp30 jutaan per semester untuk Kelas Non-Reguler.

Pilihan lainnya adalah Teknik Perminyakan di Universitas Trisakti. Perguruan tinggi yang baru saja menerima akreditasi A dari BAN-PAT melalui SK BAN-PT No. 4341/SK/BAN-PT/AKRED/PT/XI/2017 tersebut, menyelenggarakan program studi Teknik Perminyakan di bawah naungan Fakultas Teknologi Kebumian & Energi, dengan biaya Sumbangan Pengembangan sebesar Rp31 juta sampai Rp36 juta, BPP sebesar Rp18,6 juta per semester, dan biaya praktikum sebesar Rp6 juta.

“Kami juga berencana untuk membuka program studi D3 Teknik Perminyakan karena melihat kondisi dan peluang kerja saat ini, terlebih lagi Kabupaten Bengkalis memiliki sumber di Kota Duri,” ujar Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Politeknik Negeri Bengkalis, Teguh Widodo. “Insya Allah, jika izin dari kementerian sudah keluar, jurusan Teknik Perminyakan akan dibuka mulai tahun 2019 mendatang.”

Loading...