Tawarkan Fasilitas Pet Hotel, Berapa Tarif Pengobatan dan Rawat Inap di Rumah Sakit Hewan Ragunan?

tarif, biaya, di, rumah sakit, hewan, Ragunan, Jakarta, kondisi, penyakit, peliharaan, pet hotel, rawat, inap, pengobatan, kucing, anjing, vaksin, registrasi, infus, fasilitas, syarat, penitipan, dokter, Rumah Sakit Hewan Jakarta, RSHJIlustrasi: operasi penanganan di rumah sakit hewan

peliharaan merupakan teman di rumah yang bisa menjadikan aktivitas sehari-hari kita jauh lebih hidup. Selain perawatannya, kucing maupun anjing yang kita adopsi di rumah juga memiliki hak untuk tetap sehat. Oleh karena itu, kita sebagai ‘orangtua’ mereka wajib untuk memperhatikan dan kebersihan lingkungan sekitar tempat mereka tinggal. Jika kita mau menjadi ‘orangtua’ yang baik, tentunya kita tidak bisa sembarangan merawat mereka dengan hanya memberi makan dan grooming saja. juga bisa mengalami sakit seperti manusia. Bahkan, ada yang sampai harus dioperasi dan dirawat inap di .

Di kawasan Jakarta, salah satu rumah sakit hewan yang cukup populer adalah Rumah Sakit Hewan Jakarta (RSHJ) yang berada di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Di tempat tersebut terdapat dua tempat penitipan hewan yaitu yang disebut dengan ‘Pet Hotel’ dan rawat-inap yang juga menerima penitipan anjing dan kucing.

Layaknya rumah sakit untuk manusia, di RSHJ juga menerapkan tiga jadwal waktu yang wajib diketahui oleh oleh pemilik hewan, yakni waktu besuk pasien, waktu pengambilan pasien, dan waktu menanyakan kondisi pasien. Jika pemilik melewati dari batas waktu yang sudah dijadwalkan, maka tidak akan dilayani. Oleh sebab itu, pemilik wajib memperhatikan dengan baik jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak RSHJ.

Selain itu, ada juga layanan antar jemput untuk pemilik yang tidak memiliki untuk dibawa ke RSHJ. Tarif yang ditawarkan beragam, disesuaikan dengan jarak rumah pemilik ke RSHJ.

Tarif atau pengobatan di Rumah Sakit Hewan Ragunan juga beragam, tergantung kondisi dan penyakit . Namun, biaya berkisar antara Rp30 ribuan, sementara untuk konsultasi dengan dokter hewan dibebani biaya Rp110 ribu. Biaya rawat inap per hari dibanderol dengan Rp80 ribuan – Rp150 ribuan. Sementara untuk pemberian infus biasanya berkisar antara Rp150 ribuan.

Selain menerima layanan pengobatan medis, RSHJ juga menawarkan pet hotel, yakni tempat penitipan hewan peliharaan ketika hendak ditinggal oleh pemilik. Biasanya pet hotel akan ramai saat mudik . Namun, ada syarat untuk bisa menitipkan hewan kesayangan di RSHJ. Syarat Untuk diterima di ‘Pet Hotel’ adalah hewan harus sehat, tidak kutuan dan harus divaksin, jadi sebelum dititipkan hewan-hewan itu harus diperiksa terlebih dahulu.

“Hewan yang tidak memenuhi syarat ‘Pet Hotel’ akan dikirim ke penitipan rawat inap, jadi okupasi rawat inap-lebih tinggi yaitu sampai 90 persen karena kebanyakan pemilik tidak tahu bahwa hewan peliharaan mereka ternyata sakit,” kata Natan, salah satu petugas di Rumah Sakit Hewan Ragunan.

Untuk ‘Pet Hotel’, RSH Ragunan menerima 15 ekor kucing dan 15 ekor anjing. Saat libur Lebaran kali ini penitipan anjing terisi 70 persen sedangkan kucing 50 persen. “Kami sudah mengumumkan jauh hari sebelum Lebaran mengenai jam buka dan kapan buka setengah hari jadi masyarakat sudah tahu kapan harus datang ke sini,” ungkap Natan.

Ongkos yang harus dibayar di ‘Pet Hotel’ dan rawat inap pun berbeda. Penitipan kucing di ‘Pet Hotel’ biayanya adalah Rp110 ribu/hari. Sedangkan anjing bervariasi yaitu anjing dengan bobot hingga 10 kilogram adalah Rp125 ribu/hari, 10-20 kilogram sebesar Rp150 ribu/hari dan lebih dari 20 kilogram mencapai Rp180 ribu per hari.

Sementara biaya di fasilitas rawat-inap untuk kucing adalah Rp85 ribu/hari, anjing dengan bobot hingga 10 kilogram adalah Rp90 ribu per hari, bobot 10-20 kilogram adalah Rp125 ribu per hari dan lebih dari 20 kilogram mencapai Rp150 ribu per hari. Namun ada biaya kunjungan dokter sebesar Rp25 ribu per kunjungan. “Biaya itu sudah termasuk biaya makan dan juga jalan-jalan,” jelas Natan.

Loading...