Tawarkan Beragam Keuntungan, Kuliah D4 Kebidanan Banyak Disukai Kaum Hawa

Ilustrasi : Para Mahasiswi sedang Praktik Kebidanan - kemkes.go.id

Beberapa yang baru saja menempuh di D3 Kebidanan biasanya akan bingung menentukan nasib mereka, apakah sebaiknya langsung mencari , melanjutkan kuliah S1 atau kuliah jenjang D4 saja. Beberapa lulusan kebidanan umumnya tertarik untuk menempuh pendidikan jenjang D4 karena menawarkan berbagai keuntungan jika dibandingkan dengan kuliah S1 .

Salah satu keuntungan yang cukup banyak dipertimbangkan oleh calon mahasiswa tentu saja dari lama studi D4 Kebidanan yang relatif lebih singkat, hanya 1 tahun dan mereka dapat langsung melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 Kebidanan atau S2 Kesehatan Masyarakat. “Kekurangannya kalau menurut saya D4 bukanlah posisi yang sangat aman, meskipun dalam KKNI memang sederajat dengan S1, tapi tetap akan lebih baik kalau selanjutnya kita melanjutkan ke S2. Kebanyakan D4 dijadikan batu loncatan bagi para mahasiswa yang memang bercita-cita melanjutkan studinya ke jenjang S2,” kata Eka Dini Alawiyah, salah satu lulusan kebidanan di blog pribadinya.

atau kebidanan pun ternyata masih dibagi lagi menjadi 2, yakni bidan pendidik dan bidan klinik. Bidan pendidik dikhususkan untuk menjadi dosen, dengan syarat harus melanjutkan terlebih dahulu ke jenjang S2. Sedangkan bidan klinik diperuntukkan sebagai instruktur klinik serta lahan kerjanya berada di Puskesmas, , atau sebagainya.

Keuntungan lain yang didapat dari kuliah D4 kebidanan tentu saja level pendidikan yang sama dengan S1. Berdasarkan Perpres No 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional ), baik S1 maupun D4 berada di level yang sama yaitu level 6. Bedanya, lulusan D4 Kebidanan akan memperoleh gelar S.ST (Sarjana Sains Terapan), sedangkan S1 Kebidanan gelarnya S.Keb.

Di Indonesia sendiri atau universitas yang membuka program D4 Kebidanan memang jumlahnya tidak sebanyak S1 Kebidanan. Selain itu, rata-rata juga hanya mengantongi akreditasi B dan C saja. D4 Kebidanan yang meraih akreditasi A jumlahnya dapat dihitung dengan jari. Namun salah satu D4 Kebidanan yang terakreditasi A adalah Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta. Di UNISA, biaya kuliah D4 Bidan Pendidik akan dikenai sumbangan Tri Dharma Perguruan Tinggi Wajib mulai Rp 12,5 juta, kemudian biaya seragam Rp 1,29 juta, SPP tetap per semester Rp 3,25 juta, dan SPP variabel per SKS Rp 345 ribu.

Loading...