Tawarkan Beberapa Jalur Pendaftaran, Berapa Biaya Masuk MTsN 1 Malang?

MTsN 1 Malang - jatim.kemenag.go.idMTsN 1 Malang - jatim.kemenag.go.id

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota termasuk salah satu pendidikan setingkat Menengah Pertama (SMP) yang cukup terkemuka di Kota . Sekolah berbasis Islami ini begitu difavoritkan oleh para orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya setelah lulus dari bangku SD. Sayangnya di resminya, untuk tahun ajaran 2018/2019 masih belum ada informasi lebih jelas seputar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan masuk MTsN 1 .

Di MTsN 1 Malang masih memajang info PPDB untuk tahun ajaran lalu, 2017/2018. Berdasarkan informasi tahun lalu, siswa baru dibuka lewat 3 jalur, yaitu jalur unggulan, terpadu, dan reguler. Akan tetapi tiap jalur tersebut jadwalnya dibedakan dan proporsinya 50 : 50 antara unggulan terpadu dan reguler. “Kami memiliki tes dan seleksi tersendiri untuk menyaring siswa. Jadi tidak berpatok pada nilai US,” ungkap Kepala MTsN 1 Malang, Drs Samsudin MPd, seperti dilansir Tribunnews.

Jalur unggulan terbuka bagi seluruh siswa berprestasi yang memiliki sertifikat juara 1 atau peringkat 2 dan 3 pada ajang nasional dan internasional, hafalan Al Quran 5 juz atau lebih, dan ranking terbaik di sekolahnya sesuai jumlah rombongan belajar (rombel). “Sedangkan jalur terpadu hanya terbuka untuk siswa berprestasi di MIN 1 Kota Malang. Calon siswa akan dites tes bersamaan dengan pendaftar jalur unggulan,” katanya.

Sementara itu, untuk jalur reguler terbuka bebas untuk siswa SD/MI sederajat asalkan mengikuti tes psikologi dan tes akademik yang meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Pengumuman seputar hasil tes dan segala hal mengenai PPDB biasanya diinformasikan pihak sekolah melalui website resmi mtsn1malang.sch.id.

Terkait besaran biaya sekolah atau Dana Penyelenggaraan Pendidikan (DPP), menurut Samsudin hal tersebut diserahkan pada kesanggupan wali/orang tua calon peserta didik dan pihak Komite Sekolah. “Komite Sekolah yang menentukan kebijakan tersebut. Karena yang mengolah keuangan, kami serahkan pada komite. Besarannya tergantung kesepakatan orang tua dan komite, karena ada poin penilaian kemampuan finansial orang tua, yang nantinya digunakan sebagai batasan kesanggupan. Bahkan tak menutup kemungkinan, seperti tahun-tahun sebelumnya, ada siswa yang gratis karena siswanya berprestasi tapi masuk kategori tidak mampu finansial,” tandasnya.

Sebagai informasi, MTsN 1 Malang yang berlokasi di Jl. Bandung No. 7 menawarkan beragam fasilitas penunjang pendidikan ruang kelas yang memadai, sarana olahraga, bimbingan konseling, laboratorium, Unit Kesehatan Sekolah (UKS), kantin dan koperasi, perpustakaan, hingga akses .

Loading...