Tawarkan Beasiswa Untuk Tamatan SMA, Ini Biaya Apply Visa Jepang 2018

Biaya, apply, visa, Jepang, pembuatan, single, entry, multiple, entries, transit, umum, beasiswa, pelajar, SMA, Indonesia, 2018, 2017, kedubes, cara, mengurus, JVAC, paspor, program,Jepang merupakan salah satu negara tujuan pendidikan favorit di Asia

menjadi salah satu negara tujuan wisata paling di kalangan wisatawan asal Indonesia. Berbagai destinasi menarik dan perayaan unik bisa diikuti di Negara Matahari Terbit ini. Selain itu, karena termasuk dalam jajaran negara maju, maka tak heran jika banyak orang yang ingin melanjutkan ke Jepang. Hal ini juga didukung dengan banyaknya beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menawarkan beasiswa pemerintah Jepang kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA dan sederajat) untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas/GAKUBU, College of Technology/KOSEN, atau Speciallized Training College/SENSHU di Jepang untuk tahun 2019 (April 2019) mendatang. Namun, pelamar hanya bisa mendaftar salah satu program saja.

Menurut siaran pers yang disampaikan Konsulat Jepang di Denpasar, sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan belajar di preparatory school (sekolah persiapan masuk universitas) pada tahun pertama kedatangannya di Jepang. Di preparatory school ini, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, Pengetahuan Sosial (bagi jurusan IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi jurusan IPA).

Ada sejumlah fasilitas menarik yang akan didapat dari beasiswa ini, seperti biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 Yen per bulan, tiket pesawat pergi pulang Indonesia – Jepang, hingga bebas biaya pengurusan visa pelajar, dan tanpa ikatan dinas.

Beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang ini terbagi atas dua tahap. Tahap pertama berlangsung pada 20 April 2018 hingga 2 Mei 2018. Hanya bagi pelamar lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya, selama masih memenuhi persyaratan umur. Sementara tahap kedua berlangsung pada 11 Mei 2018 – 25 Mei 2018. Tahap kedua ini hanya bagi pelamar lulusan tahun 2018 saja. “Untuk prosedur pendaftaran dan informasi lebih rinci, mohon membaca di website Kedutaan Besar Jepang,” demikian rilis Kedubes Jepang.

Salah satu hal terpenting yang harus dipersiapkan sejak awal adalah visa Jepang untuk WNI. Meski pemegang e-paspor dikatakan bisa bebas visa ke Jepang, registrasi satu kali sebelum menggunakan e-paspor untuk ke Jepang masih diperlukan. Sementara itu, pengurusan visa Jepang untuk WNI pemegang paspor biasa memang harus melalui proses yang lebih banyak.

Menurut press release, sejak September 2017, Kedubes Jepang di Jakarta tidak menerima lagi visa, kecuali untuk visa registrasi bebas visa e-paspor, visa diplomatik dan visa dinas, transfer visa dari paspor lama ke paspor baru, visa yang berkaitan dengan masalah darurat kemanusiaan. Semua pengurusan visa dilakukan di Japan Visa Application Centre (JVAC).

Biaya apply visa Jepang di JVAC yang harus dibayar oleh setiap aplikan adalah sebesar Rp360 ribu untuk visa umum single entry, Rp720 ribu untuk visa umum double atau multiple entries, dan Rp80 ribu untuk visa umum transit. Nominal ini turun dari tahun 2017 yang sebesar Rp370 ribu untuk single entry, Rp740 ribu untuk multiple entries, dan Rp90 ribu untuk visa umum transit.

Loading...