Apakah Tarik Tunai Kartu Kredit BCA Bisa Dicicil?

Kartu Kredit BCA - lifepal.co.idKartu Kredit BCA - lifepal.co.id

alias credit card (CC) adalah yang dimiliki oleh hampir setiap di Indonesia, termasuk Central Asia (BCA). Kartu kredit memungkinkan berbelanja atau melakukan di mana saja dan kapan saja, dengan cicilan. Selain untuk berbelanja, kartu kredit BCA juga menawarkan fitur tarik tunai untuk yang membutuhkan uang cash dalam keadaan mendesak. Lantas, apakah tarik tunai kartu kredit BCA bisa dicicil?

Sebagai , tarik tunai kartu kredit BCA dapat dilakukan lewat ATM. Namun, perlu diketahui bahwa BCA menerapkan sejumlah syarat dan ketentuan untuk tarik tunai via kartu kredit. Per 1 Mei 2020, BCA menerapkan aturan pengambilan uang tunai hingga 20% dari limit kartu nasabah. Besaran limit tarik tunai kartu kredit ini turun drastis dari sebelumnya yang mencapai 40% dari saldo kartu kredit.

Tarik tunai minimal yang bisa dilakukan adalah Rp100.000 dan nasabah akan dikenai biaya tarik tunai sekitar 2% dari nilai saldo kartu kredit per bulan. “Sebaiknya Anda melunasi tagihan tarik tunai secara sekaligus. Tujuannya, agar Anda terhindar dari bunga utang tarik tunai kartu kredit,” kata Widya Yuliarti, Financial Planner Finansialku.com, seperti dilansir Kontan.

Oleh sebab itu, para kartu kredit umumnya tidak begitu disarankan untuk melakukan transaksi tarik tunai dari kartu kredit. Sebagai contoh, jika limit kartu kredit sebesar Rp10 juta, yang bisa diambil hanya 20%-nya saja atau sekitar Rp2 juta. Ketika pelunasan pun nasabah harus membayar sebesar uang yang diambil beserta bunga-nya.

Tetapi, apabila membayar minimum payment atau 10%, maka yang dibayarkan sekitar Rp200 ribu, belum lagi dihitung bunga per bulan sebesar 2% tadi. Jadi, jika dihitung justru Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak untuk membayar pinjaman tersebut.

Oleh sebab itu, usahakan untuk meminimalisir transaksi tarik tunai dari kartu kredit BCA jika tidak benar-benar dalam keperluan mendesak. Kemudian, hitung benar-benar kemampuan Anda untuk membayar tagihan kredit. Sebaiknya lakukan pembayaran full payment 100% agar tidak terkena bunga yang terlalu besar.

Loading...