Kado Awal Tahun 2020, Sejumlah Tarif Bakal Naik

Sejumlah tarif akan naik pada tahun 2020Sejumlah tarif akan naik pada tahun 2020 - detik.com

Memasuki tahun 2020, masyarakat Indonesia tampaknya harus merogoh kocek lebih dalam untuk bisa menikmati berbagai layanan publik. Pasalnya, ada sejumlah umum yang bakal mengalami kenaikan tarif pada tahun baru mendatang, antara lain iuran BPJS Kesehatan, tarif sejumlah ruas , hingga tarif di kawasan Jakarta.

Untuk iuran BPJS Kesehatan, mulai tanggal 1 Januari 2020, pemerintah resmi menaikkan tarif bagi peserta mandiri. Diatur dalam Peraturan Presiden No. 75/2019, tarif peserta kelas mandiri I sekarang naik menjadi Rp160 ribu per bulan, tarif iuran peserta kelas mandiri II naik menjadi Rp110 ribu per bulan, sedangkan iuran peserta kelas mandiri III naik menjadi Rp42 ribu per bulan.

Kemudian, tarif sejumlah ruas juga akan mengalami kenaikan. Ada setidaknya 18 ruas tol yang akan mengalami penyesuaian tarif pada tahun 2020, antar lain tol Palimanan-Kanci, Semarang Seksi A-B-C, Tomang-Grogol-Pluit, Tomang-Cawang, Cawang-Tj Priok-Pluit, Pondok Aren-Serpong, Belawan-Medan-Tj Morawa, Makassar Seksi I-II, Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Surabaya-Gempol, dan Soreang-Pasir Koja. Sebelumnya, tarif beberapa ruas tol sudah dinaikkan pada tahun 2019, seperti tol Tangerang-Merak.

Tarif lain yang akan naik pada tahun 2020 adalah tarif parkir di kawasan Provinsi DKI Jakarta. Meski belum diketahui berapa besaran kenaikannya, lokasi parkir yang akan mengalami kenaikan tarif adalah yang dikelola oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Sementara, untuk lokasi parkir yang dikelola swasta, masih akan dibahas lebih lanjut.

Untuk mereka yang punya kebiasaan merokok, juga harus lebih mengencangkan ikat pinggang. Pasalnya, pemerintah melalui Peraturan Menteri Keuangan No. 152/PMK.010/2019 tentang Perubahan Kedua atas PMK 146/2017 menetapkan tarif cukai rata-rata naik 23 persen. Dengan demikian, akan membuat harga jual eceran rokok melonjak hingga 35 persen dari harga saat ini.

Sebenarnya, tarif dasar untuk golongan 900 VA bagi Tangga Mampu (RTM) juga direncanakan naik pada awal tahun 2020. Namun, menurut kabar terbaru, pemerintah membatalkan rencana kenaikan tarif mulai 1 Januari 2020 setelah mempertimbangkan stabilitas dan menjaga daya beli masyarakat.

“Belum (ada kenaikan). Kita jaga kestabilan dulu,” papar Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Arifinj Tasrif, dilansir Kompas. “Kita masih melakukan pendataan yang lebih detail supaya tidak salah sasaran, sampai siapkan data-datanya, ‘kan harus lewat (lembaga) ini. Kami sendiri mendorong agar mampu meningkatkan efisiensi.”

Loading...