Tak Lagi Gratis, Berapa Tarif Tol Malang-Probolinggo Saat Ini?

Tol Malang-Probolinggo - jatimnow.comTol Malang-Probolinggo - jatimnow.com

Mulai beberapa bulan lalu sejumlah ruas yang tergolong baru diresmikan ternyata sudah tak lagi gratis. melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Rakyat (PUPR) menerapkan terbaru untuk beberapa ruas jalan tol seperti -Pandaan, Pasuruan (Mapan) hingga Pasuruan-Probolinggo (Paspro).

Misalnya saja untuk tarif tol ruas Singosari-Lawang Rp6.500, kemudian Purwodadi Rp13.500, dan Pandaan IC Rp29 ribu. Kemudian untuk Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III (IC Grati-IC Probolinggo Timur) sudah mulai berbayar sejak Juni 2019 lalu, mengacu pada Keputusan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 540/KPTS/M/2019 tanggal 18 Juni 2019.

“Pada keputusan menteri itu diketahui besaran tarif tol untuk Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi I-III mulai diberlakukan tujuh hari kalender sejak keputusan menteri itu ditetapkan. Tarif Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) Seksi I-III (IC Grati-IC Probolinggo Timur) sepanjang 31,7 kilometer mulai diberlakukan pada Rabu, 26 Juni 2019, pukul 00.00 WIB,” ujar Kadis PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur, Gatot Sulistyo Hadi, seperti dilansir Beritajatim.

Besaran tarif tol tersebut mengakomodir rasionalisasi dari semula 5 kelompok tarif untuk 5 kendaraan menjadi 3 kelompok tarif untuk 5 kendaraan. Tarif Tol Pasuruan-Probolinggo ruas Grati-Probolinggo Timur untuk kendaraan I Rp26.500, II dan III masing-masing Rp40 ribu, serta IV dan V masing-masing Rp53 ribu.

Tol Paspro sendiri terdiri dari 4 seksi dengan total panjang 45 km. Saat ini masih tersisa pembangunan Seksi IV Probolinggo Timur-Gending sepanjang 13,7 km. Proyek tersebut kabarnya masih menanti pengajuan prakarsa dari Badan . Dengan kehadiran Tol Paspro yang merupakan bagian dari Tol Trans Jawa, diharapkan mobilitas , orang, dan logistik nasional, terutama untuk Surabaya, Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo bisa lebih efisien.

Pihak Kementerian PUPR mengklaim jika waktu tempuh dari Surabaya ke Probolinggo yang sebelumnya bisa mencapai 3-3,5 jam kini lebih singkat jadi 1-1,5 jam. Di samping itu, keberadaan jalan tol itu bisa mendukung akses ke kawasan Bromo-Tengger-Semeru.

Loading...