Tarif Terjangkau, Fogging Efektif Menumpas Nyamuk?

Fogging Nyamuk - www.viva.co.idFogging Nyamuk - www.viva.co.id

/BEKASI – Fogging menjadi salah satu cara yang sering dilakukan untuk mencegah penyebaran demam berdarah melalui nyamuk Aedes Aegypti, terutama pada pancaroba. Sudah ada banyak yang menyediakan fogging, dengan tarif bervariasi, tergantung area yang akan disemprot.

“Jika hari-hari biasa tidak pasti dalam seminggu ada , tetapi pada musim pancaroba, dalam satu minggu minimal ada tiga atau empat fogging,” papar Ikhsan Musli, penyedia jasa fogging yang mengusung bendera PT Artha Kirana, dilansir Kompas. “Di musim pancaroba, kami bisa meraih omzet rata-rata Rp10 juta hingga Rp15 juta per minggu. Tarif yang ditetapkan untuk area penyemprotan seluas 500 meter persegi adalah Rp300.000.”

Sebelum melakukan fogging, Ikhsan menambahkan, timnya akan melakukan survei terlebih dahulu. Lewat survei tersebut, timnya bisa menentukan luasan area serta tempat-tempat mana saja yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. “Jika yang meminta kompleks perumahan atau lingkungan RT, biasanya saya mematok tarif Rp25 ribu per rumah,” sambung Ikhsan.

Jika Anda menelusuri berbagai lokal, juga sudah banyak penyedia jasa fogging. Tarif yang ditentukan bervariasi, tergantung area yang akan disemprot. Untuk lingkungan perumahan, seperti Ikhsan, biasanya penyedia jasa menawarkan tarif sekitar Rp20 ribu sampai Rp25 ribuan per rumah. Sementara, untuk lingkungan perkampungan, harganya lebih murah, berkisar Rp10 ribu sampai Rp15 ribuan per rumah.

Tetapi, apakah fogging efektif menumpas nyamuk? Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Dezi Syukrawati, fogging sebetulnya bukan cara yang efektif untuk memberantas sarang nyamuk DBD. Pengasapan hanya mematikan nyamuk besar atau yang bisa terbang, sedangkan larva yang berada di genangan air tidak mati walau di-fogging.

“Sebelum di-fogging, bersihkan dulu rumahnya masing-masing. Karena, warga sering tidak sadar dengan genangan-genangan di rumah yang ternyata menjadi genangan nyamuk dan berpotensi terdapat larva nyamuk,” jelas Dezi. “Jika rumah sudah bersih dan tidak ada genangan air tempat larva, maka fogging bisa maksimal memberantas sarang nyamuk DBD.”

Loading...