Tarif Relatif Murah, Ini Jadwal Keberangkatan Bus Rute Malang Banyuwangi

Bus Malang Banyuwangi - (Sumber: dailybus.net)Bus Malang Banyuwangi - (Sumber: dailybus.net)

Selain dengan menggunakan mobil pribadi atau kereta, untuk berkunjung ke luar kota umumnya orang memilih untuk menggunakan sarana bus. Sama seperti alat transportasi lainnya, bus juga menyediakan kelas, mulai dari ekonomi, , hingga premium.

Adalah PO Putera Mulya, yang menjadi pelopor bus tingkat di Jawa. Bus tingkat Putera Mulya yang memberi premium dibanding dengan bus kebanyakan ini memiliki rute Jakarta, Bogor, Solo, Wonogiri. Penyediaan premium atau kelas super eksekutif tersebut sebagai jawaban bagi konsumen yang tadinya ragu untuk memilih bus sebagai transportasi antar provinsi.

“Kami ingin transportasi bus tidak lagi dipandang sebelah mata. Pada saatnya nanti, ketika jalan tol sudah menghubungkan kota-kota di Indonesia, khususnya di Jawa, bus-bus semacam ini yang akan banyak dibutuhkan,” ungkap Kurnia Lesani Adnan, pimpinan PT Putera Mulya Sejahtera, dilansir dari Kompas.

Ada dua pilihan kelas yang ditawarkan PO Putera Mulya. Pada bagian bawah terdiri dari enam kursi, yang disebut Elegant Class. Tiket dihargai Rp325.000 sekali perjalanan. Bagian atas, terdiri dari 38 kursi dan disebut First Executive Class. Kelas ini dihargai Rp 225.000 sekali perjalanan.

Untuk jenis First Executive Class, di kabin bus tingkat PT Putera Mulya Sejahtera untuk rute Wonogiri – Jakarta. Fasilitas yang didapat penumpang dari bus tingkat premium ini adalah pendingin yang dapat diatur, selimut, bantal, video dan audio on demand alias layar kecil di masing-masing kursi yang dipenuhi film dan lagu terkini.


Apabila dibandingkan dengan moda transportasi lain, bus tingkat premium ini hampir menyerupai kereta api kelas eksekutif. tiket eksekutif di KA Argo Dwipangga untuk Jakarta Gambir-Solo Balapan misalnya, dimulai dari tarif Rp250.0000 – Rp395.000. Sedangkan kereta eksekutif Bima dan Gajayana di rute yang sama dihargai hingga Rp500.000.

Untuk fasilitas penumpang kereta eksekutif mendapat bantal, selimut, televisi per gerbong, toilet, dan pendingin ruangan pusat selama perjalanan. Jika dibandingkan dengan fasilitas bus tingkat premium, ternyata fasilitas bus premium ini disebut-sebut masih lebih unggul daripada kereta kelas eksekutif.

Selanjutnya dari segi kenyamanan, yakni tempat duduk. Kursi model cangkang di Elegant Class dan First Excecutive Class bus tingkat premium masih belum dapat ditandingi. Kursi ini memiliki tuas otomatis yang membuat sudut kursi hampir sempurna untuk merebahkan tubuh layaknya tidur di kasur. Kursi di bus tingkat lebih tebal dan empuk. Juga ada tumpuan kaki yang dapat diatur ketinggiannya sangat membantu postur tubuh agar tak terlalu lelah di perjalanan.

Selain PO Putera Mulya, salah satu bus yang cukup populer digunakan untuk rute antar kota di Provinsi adalah PO Harapan Baru. Bus Harapan Baru ini kerap dimanfaatkan oleh penumpang karena tarifnya yang relatif murah, misalnya untuk rute ( Arjosari) – hanya berkisar Rp45 ribuan hingga Rp90 ribuan. Lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan travel yang dipatok dengan harga mulai Rp150 ribuan.

Untuk rute Malang Banyuwangi, PO Harapan Baru berangkat melalui Terminal Trenggalek, dengan keberangkatan pukul 6 pagi. Selanjutnya bus ini akan melewati Tulungagung, Blitar, Malang, dan Pasuruan.

Loading...