Penting untuk Pengelolaan Bisnis, Berapa Tarif Jasa Pembuatan Laporan Keuangan?

Jasa Pembuatan Laporan Keuangan - www.talenta.coJasa Pembuatan Laporan Keuangan - www.talenta.co

sangat penting untuk maupun bisnis UKM ( Mikro Kecil dan Menengah). Dengan adanya pembukuan atau laporan keuangan yang baik, bisa mengetahui secara lebih rinci apakah bisnis yang dijalankan sukses atau tidak. Sayangnya, tak semua pengusaha sadar akan hal ini. Padahal di luar sana sudah banyak penyedia pembuatan laporan keuangan dengan yang beragam.

“Dengan pelaporan keuangan yang baik maka kecukupan , stok barang, dan omzet akan terdata dengan baik. Untuk itu diperlukan pelaporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) sehingga saat pelaporan pajak ke pemerintah dan pengajuan usaha layak untuk diterima,” kata Yulia, ketua tim pelaksana pelatihan pembuatan laporan keuangan di Pontianak beberapa waktu lalu, seperti dilansir Republika. Yulia menambahkan, bisnis UMKM pun membutuhkan pelaporan keuangan yang baik supaya manajemen usaha bisa berjalan dengan lancar.

Beberapa konsultan pajak atau konsultan finansial mematok yang beragam untuk jasa pembuatan laporan keuangan. Konsultan di kawasan Jakarta Pusat misalnya, mematok tarif jasa pembuatan laporan keuangan bulanan untuk UKM sebesar Rp500 ribu, sedangkan untuk perusahaan besar Rp1 juta. Kemudian konsultan finansial lainnya di wilayah Jakarta Barat mematok biaya jasa hingga Rp3 juta per bulan. tersebut sudah termasuk konsultasi finansial, input keuangan keluar dan masuk, serta laporan keuangan bulanan.

Selain menggunakan jasa konsultan finansial yang profesional, pemilik bisnis atau UKM pun bisa mempertimbangkan untuk memanfaatkan jasa freelance atau pekerja lepas yang ada di luar sana. Akuntan freelance ini biasanya menawarkan tarif jasa pembuatan laporan keuangan yang relatif murah, berkisar mulai Rp60 ribu untuk laporan keuangan menggunakan sistem Accurate. Ada juga yang menawarkan harga mulai Rp550 ribu hingga Rp1,5 juta, lengkap dengan fasilitas revisi hingga laporan keuangan sesuai dengan data yang dikehendaki.

Nantinya file laporan keuangan dapat dibuat dalam format PDF, Word, atau bahkan Excel sesuai permintaan pemilik usaha. Sebaiknya pilih penyedia jasa yang memang terpercaya dan sudah berpengalaman di bidangnya untuk memperoleh laporan keuangan yang akurat.

Loading...