Tanpa Pemberitahuan, Harga Pertalite & Dexlite Ternyata Sudah Naik

Pertalite - www.mobilku.orgPertalite - www.mobilku.org

JAKARTA – Tidak banyak yang menyadari bahwa PT Pertamina ‘diam-diam’ telah menaikkan bakar Pertalite. Per tanggal 20 Januari 2018 kemarin, BBM Pertalite sudah sebesar Rp100 per liter. Selain Pertalite, BBM jenis Dexlite juga mengalami kenaikan sebesar Rp200 per liter, yang salah satunya dipicu oleh kenaikan mentah dunia.

Dilansir dari berbagai , harga BBM jenis Pertalite di daerah DKI Jakarta yang semula Rp7.500 per liter, kini naik menjadi Rp7.600 per liter. Sementara, harga Pertalite di Riau, yang semula Rp7.900 per liter, sekarang menjadi Rp8.000 per liter. Adapun di Palembang, harga Pertalite sekarang menjadi Rp7.800 per liter, dari semula Rp7.700 per liter.

“Kenaikan (harga Pertalite) itu dipicu oleh kenaikan harga minyak mentah dunia,” jelas VP Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito. “Sekadar , penentuan harga BBM umum, seperti Pertalite dan Dexlite, merupakan wewenang perseroan. Ini berbeda dengan BBM penugasan, seperti premium dan solar, yang harganya ditentukan oleh .”

Sebelumnya, Pertamina juga telah menaikkan harga BBM jenis Pertamax RON 92 sebesar Rp200 menjadi Rp8.600 per liter, dari semula Rp8.400 per liter di DKI Jakarta dan Pulau Jawa. Kenaikan harga Pertamax tersebut mulai berlaku pada tanggal 13 Januari 2018 pukul 00.00 WIB. Sementara, harga di daerah lain menyesuaikan, namun tetap dengan besaran Rp200 per liter.

Meski harga Pertalite, Dexlite, dan Pertamax telah mengalami kenaikan, namun harga BBM jenis premium dan solar hingga sekarang masih dalam kajian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Pemerintah sendiri membuka peluang adanya kenaikan harga BBM kedua jenis tersebut pada periode April hingga Juni 2018 mendatang.

Sekadar informasi, harga minyak dunia saat ini memang terus meroket. Pada tutup dagang Selasa (23/1) atau Rabu (24/1) dini hari WIB, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret tercatat mengalami kenaikan sebesar 0,90 AS per barel menjadi 64,47 AS per barel. Sementara, harga minyak Brent kontrak Maret juga naik 0,93 AS per barel menjadi 69,96 AS per barel.

Loading...