Tampilkan Kesan Rapi pada Lantai Parket, Plint Kayu Dijual Mulai Harga Rp 20 Ribuan

Plint Kayu - www.galleryparquet.comPlint Kayu - www.galleryparquet.com

Mendekor sebuah hunian memang benar-benar berkaitan dengan selera dari sang penghuninya sendiri. Beberapa orang mungkin ada yang menyukai desain khas Indonesia, namun ada juga yang menyukai nuansa layaknya di Eropa. Penggemar rumah minimalis dan bergaya Skandinavia biasanya tak luput untuk menggunakan material dari atau yang lebih dikenal dengan istilah parket alias parquet.

Parket adalah lantai kayu yang diterapkan pada lantai dengan tujuan untuk meningkatkan estetika bangunan, khususnya di bagian dalam (interior) rumah. Menurut Amirullah Muh. Amin, CEO PT Architectaria Media Cipta, parket mempunyai permukaan dengan tekstur kayu yang dapat memberi kesan mewah dan nyaman. “Selain karena estetika, menggunakan parket juga bisa memberikan dampak positif pada penghuni. Parket bisa mengurangi pengaruh Volatile Organic Compounds (VOC) yang ada di dalam ruangan,” ujarnya, seperti dilansir Rumah.

Seperti halnya lantai keramik, sebagian orang menyukai parket yang dilengkapi lis yang disebut plint supaya tampak rapi. Plint atau skirting biasanya dibutuhkan untuk menutupi pertemuan antara lantai parket dengan dinding agar terlihat lebih rapi. “Skirting atau plin ini gunanya sebagai aksesoris untuk menutupi bagian tepi parket yang beradu pada dinding. Pemasangan skirting ini ditempelkan pada dinding bagian bawah menjepit pada lantai kayu bagian sisi sehingga terlihat lebih rapi,” kata salah satu penjual plin di daerah Serpong, Tangerang.

Harga plint atau lis lantai kayu biasanya tergantung pada ukuran (tebal dan lebar lis kayu) serta pilihan kayu yang diinginkan. Umumnya harga plint kayu dibanderol mulai Rp 20 ribuan per meter untuk ukuran 1,2 x 7 cm. Namun untuk macam-macam kayu lain biasanya lebih mahal. Sebagai contoh, plint kayu jati per meter bisa dijual mulai Rp 70 ribuan, lalu plint kayu merbau harga per meternya mulai Rp 80 ribuan, dan plint laminated kendo ukuran 6 x 240 cm mulai Rp 174 ribuan per meter.

Harga tersebut biasanya masih belum termasuk dengan pemasangan plin. Beberapa penyedia menerapkan tarif yang beragam untuk memasang plin. Setidaknya ada yang mematok pasang plin mulai Rp 20.000 per m1, sudah termasuk finishing.

Loading...