Tampilan Produk Lebih Menarik, Harga Standing Pouch Transparan Berkisar Rp1 Ribuan

Standing pouch transparan untuk kemasan (sumber: sentrakemasan.com)Standing pouch transparan untuk kemasan (sumber: sentrakemasan.com)

Bagi pelaku usaha khususnya UKM bidang makanan adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Selain untuk menjaga kualitas ketahanan , juga berfungsi sebagai daya tarik pasar, di mana semakin bagus semakin besar pula peluang pasar dan menjadikan nilai produk lebih bermutu dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Salah satu jenis yang banyak dijadikan pilihan adalah paper metal packaging.

Kemasan produk menjadi salah satu unsur penting yang mempengaruhi banyaknya konsumen dan banyaknya penjualan terhadap produk UKM. Hal ini pula yang dirasakan salah satu pelaku UKM asal Bandung, Asep Candra, yang tengah merintis usaha abon sapi merek Bon Garoet.

Diakui Asep, perubahan pada kemasan produk abon sapi miliknya memiliki dampak yang sangat signifikan. Asep, yang selama ini menjual abon sapi dengan sistem keagenan dan reseller, mengaku kebanjiran order setelah dua kali mengubah kemasan produknya. “Penjualan bisa meningkat tajam dan produk lebih dapat diterima oleh konsumen karena mereka suka dengan kemasan yang menarik dan tentunya lebih ,” ujar Asep kepada Kompas.

Dikatakan oleh Nanang Wahyudi, Pengusaha dan Kontributor UKMSukses.com kepada Detik Finance, fungsi utama kemasan adalah melindungi dan memudahkan penggunaan atau penyimpanan produk. Jadi fungsi utama tersebut harus beres lebih dulu. Bisa dilakukan dengan pemilihan dan bentuk kemasan. Misalkan untuk produk yang butuh perlindungan dari cahaya matahari, cocok menggunakan kemasan alumunium foil, sementara jika produknya menarik untuk dilihat dan tahan cahaya, justru kemasan transparan akan lebih menjual.

Fungsi penggunaan dan penyimpanan produk bisa lewat bentuk, misalkan kemasan standing pouch transparan dengan yang bisa dibuka tutup cocok untuk kemasan besar yang tidak habis dalam sekali konsumsi. Ini akan memudahkan konsumen menyimpan sisa produknya. standing pouch transparan berkisar mulai Rp1.000.

Jika kedua fungsi tersebut sudah baik, maka fungsi promosi bisa dilakukan lewat grafis kemasan. kemasan yang baik adalah yang bisa mengkomunikasikan isinya dengan jelas, jadi konsumen tidak bingung produk apa, apa yang ada dalam kemasannya. Ini bisa dilakukan dengan teks, warna, atau ilustrasi. Selain itu juga harus bisa membedakan produk dari produk pesaing.

Hindari desain kemasan yang terlalu ramai dan terlalu banyak informasi karena akan membuat konsumen bingung. Tentukan elemen desain yang perlu mendapat perhatian, misalkan logo dan foto produk. Jadikan itu elemen utama. Sedang elemen lain sebagai penunjang dapat tampil lebih kecil agar desain kemasan nyaman dilihat dan jelas fokusnya.

“Untuk mendapatkan inspirasi, Anda bisa melakukan riset sederhana dengan mengunjungi toko oleh-oleh, supermarket, atau browsing lewat internet untuk menemukan referensi desain kemasan yang menarik dan inspiratif bagi produk Anda,” tutup Nanang Wahyudi.

Loading...