Tampilan Lebih Samar, Harga Retainer Gigi Transparan Berkisar Mulai Rp 625 Ribu

Retainer Gigi TransparanRetainer Gigi - www.bukalapak.com

Pemasangan bracket atau kawat seharusnya memang dilakukan di spesialis ortodonti agar struktur rahang dan juga susunan gigi bisa terlihat rapi sesuai yang diharapkan. Setelah lepas behel pun ternyata masih perlu perawatan khusus agar gigi tidak kembali berantakan seperti semula, misalnya saja dengan penggunaan retainer. Retainer sendiri adalah sejenis kawat yang memiliki pelat landasan, bentuknya menyesuaikan lengkung rahang sang pasien.

“Fungsi retainer ini untuk menahan gigi supaya tetap rapi. Karena kan kalau pas dibehel gigi itu terbiasa ditahan dengan behelnya. Nah, biasanya setelah dilepas suka ada mobility atau kegoyangan gigi dan dalam beberapa kasus ada gigi yang malah jadi berantakan lagi,” ucap Anindya Larasati, koas di RSGM, seperti dilansir Tribunnews.

Lebih lanjut Anin menjelaskan bahwa setidaknya retainer harus digunakan selama 6 bulan. Penggunaannya sebaiknya setiap hari, terserah kapan saja, tetapi minimal 8 jam sehari. Selama menggunakan retainer, ternyata tidak ada larangan khusus. Namun karena makan saat menggunakan retainer itu cukup sulit, maka Anin menyarankan agar pasien melepas retainernya hanya saat sedang makan.

Penggunaan retainer yang tidak rutin kabarnya sangat berpengaruh terhadap gigi yang telah dibehel. “Kalau nggak rutin, giginya bisa berantakan lagi walau nggak separah dulu. Karena kan dulunya ditahan, pas penahannya dibuka, dia pasti agak goyang karena biasanya bersandar gitu kan,” bebernya.

Jenis retainer untuk gigi biasanya ada bermacam-macam, ada yang dari plastik atau fiber retainer, fixed retainer atau retainer permanen, acrylic retainer, hingga retainer transparan. Adapun retainer gigi , tergantung jenis dan bahannya. Misalnya saja retainer gigi transparan, berkisar mulai Rp 625 ribu untuk satu rahang. Jika untuk dua rahang (atas dan bawah) clear retainer mencapai Rp 1.225.000.

Dibandingkan retainer jenis lainnya, retainer transparan menawarkan sejumlah kelebihan seperti tidak terlalu terlihat ketika sedang digunakan dan pemakaiannya diklaim lebih sedikit mengganggu kebersihan . Sayangnya, seperti retainer pada umumnya, retainer transparan pun dinilai mengganggu berbicara dan perlu diperiksa secara teratur karena sifat plastiknya bisa terdistorsi bila terkena panas.

Loading...