Tampa Dorongan Sentimen Positif, Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Masih Melemah

Pada pembukaan transaksi hari ini, Rabu (10/9/2014) terhadap Serikat (US$) dibuka melemah tipis. Nilai tukar rupiah dalam transaksi antarbank di Jakarta hari ini berada pada nilai Rp11.780. Nilai tersebut mengalami pelemahan sebesar 19 poin dibandingkan posisi sebelumnya yang berada pada nilai Rp11.761 per dolar AS.

rupiah-100ribuKurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate () (BI) menunjukkan nilai tukar rupiah pada hari ini melemah ke level Rp11.782 per dolar AS. Nilai tukar rupiah mengalami pelemahan sebesar 28 poin dari level 11.754 per dolar AS pada sebelumnya.

Menurut data yang dilrilis, rupiah dibuka pada level Rp 11.786 per US$. Dibandingkan penutupan perdagangan Selasa (9/9/2014) sore kemarin, nilai tersebut melemah tipis yaitu di level Rp11.771 per US$.

Sedangkan berdasarkan data, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu pagi ini dibuka pada level Rp11.791 per US$. Sementara pada penutupan kemarin sore, rupiah berada pada level Rp11.771 per US$. Adapun kurs yang ditransaksikan pada hari ini ditetapkan antara Rp11.770-Rp11.815.

Nilai tukar rupiah yang masih melanjutkan pelemahannya pekan ini dipengaruhi oleh nilai dolar Amerika Serikat yang mengalami pemulihan. Pelemahan yang dialami rupiah terjadi secara regional bersama dengan Asia lainnya. Pelemahan ini juga dialami oleh -negara berkembang lainnya.

Data ekonomi Amerika Serikat yang diprediksi membaik berpotensi mendongkrak nilai tukar dolar dan menekan nilai rupiah. Hal ini dikarenakan fundamental nilai tukar dolar AS yang masih kuat menyusul ekspektasi kenaikan tingkat AS (Fed rate). Namun,Amerika Serikat juga masih memiliki satu masalah besar yakni pada sekor pertumbuhan kerja yang lesu.

Loading...