Tambah Nilai Estetika Sebuah Ruangan, Harga Lis Plafon PVC Mulai Rp16 Ribuan

Harga, plafon, lis, lis plafon, PVC, jenis, penghubung, permukaan, dinding, retak, runtuh, produk, gaya, interior, modern, minimalis, rumah, per, meter, batang, kelebihan, anti rayap, anti jamur, perawatan, biaya, ruangan, kayu, gypsum, sirkulasi, lantai, nilai, estetika, fungsi, komponen, bangunanLis plafon PVC berbagai motif (sumber: Bukalapak)

Plafon atau langit-langit adalah komponen yang dalam fungsinya sebagai lapisan untuk membatasi tinggi suatu ruangan. Selain untuk alasan tersebut, plafon juga berguna untuk keamanan, kenyamanan, dan keindahan dalam sebuah ruangan.

suatu ruang juga ditentukan dari tinggi rendahnya plafon. Idealnya, untuk rumah tinggal, tinggi plafon berukuran sedang antara 3-3,5 meter. Ini bertujuan untuk memperlancar sirkulasi udara di rumah serta memperindah interior. Sementara batas terendah adalah 2,5 meter dari lantai.

Bila rancangan plafon terlalu rendah maka ruangan akan terasa pengap dan sesak, sehingga atmosfer ruangan menjadi kurang baik. Sebaliknya jika terlalu tinggi, dapat menghilangkan nilai estetika ruang di rumah meski sirkulasi udara berlangsung baik dan memberikan suasana sejuk.
Sementara untuk gedung perkantoran bertingkat, umumnya maksimal ketinggian plafon adalah 2,5 meter. Hal ini disebabkan dari ketinggian setiap lantai yang tiga meter, masih dikurangi dengan balok dan ducting AC. Jadi, jika melebihi batas maksimum maka akan mengakibatkan pemborosan .

Jika ingin menambah nilai estetika, Anda bisa menambahkan aneka lis plafon yang cantik. Lis plafon ini adalah sebuah penghubung antara permukaan plafon dan dinding yang saling menempel. Tanpa kehadiran lis plafon, area plafon tidak hanya terlihat biasa saja tapi juga akan mudah retak dan runtuh.

Lis plafon sendiri ada yang dibuat dari plafon gypsum, plafon PVC, dan kayu. Lis plafon dari gypsum pada umumnya mudah diukir ke dalam bentuk yang rumit, sangat cocok untuk bangunan bergaya klasik dan Victorian. Lis plafon dari PVC cocok untuk bangunan bergaya dan minimalis. Sedangkan lis plafon dari kayu cocok untuk bangunan bergaya tradisional.

“Untuk ruangan yang menerapkan gaya interior minimalis, maka lis plafon yang digunakan juga harus tampil minimalis. Lis plafon yang kami maksud adalah tidak memiliki banyak lekukan dan juga berwarna monokrom. Biasanya jenis lis plafon yang digunakan adalah yang bentuknya segitiga atau ada pola garis-garis memanjang. Warnanya, sesuaikan dengan plafon dan dinding ya,” demikian dilansir dari laman Dekoruma.

Nah, untuk jenis lis plafon PVC yang biasanya dimanfaatkan untuk gaya interior modern dan minimalis ini biasanya dijual dengan Rp16 ribu per meter. Namun panjang lis standar adalah 4 meter per batang, harganya sekitar Rp62 ribuan.

Kelebihan memakai plafon PVC dibandingkan dengan jenis plafon konvensional lainnya adalah tahan air sehingga tidak akan menimbulkan bercak jika terjadi kebocoran pada atap rumah, anti rayap, anti jamur karena plafon PVC tidak menyerap uap air sehingga plafon tidak lembab.

Selain itu, pemasangannya lebih cepat dan mudah dengan sistem sekrup dan interlock, bebas karena tidak perlu dicat ulang, mudah dibersihkan dengan kain lap jika kotor, banyak pilihan motif, serta harganya yang terjangkau.

Loading...