Tak Perlu Khawatir, Biaya Operasi Amandel Ditanggung BPJS Kesehatan

Biaya, operasi, amandel, BPJS, kesehatan, ditanggung, pengangkatan, ditanggung, jadwal, dokter, tes, test, darah, radiologi, petunjuk, instruksi, panduan, rumah sakit, berobat, obat, konsultasi, anak, THT, faskes, alat, teknologi, fasilitas, penyakit, kartu, daftar, administrasi, tenggorokan, penderita, herbal, alternatifIlustrasi: dokter memeriksa tenggorokan pasien

Tonsilitis, atau sering disebut radang amandel kerap dianggap bukan serius. Namun, pembengkakan dan peradangan pada amandel yang biasanya disebabkan oleh infeksi ini umum dan mudah terjadi pada banyak orang dan di segala usia.

Banyak yang tidak suka dengan tindakan . Penderita radang amandel umumnya memilih herbal, alternatif, dan lain sebagainya. Padahal, hasilnya belum bisa dipastikan secara .

Menurut dr. Handoko N Yossarsongko, Sp. THT, amandel itu tidak selalu menjadi solusi satu-satunya dalam kasus radang amandel. , katanya, harus dilakukan berdasarkan indikasi. Kalau memang mengganggu, baru solusinya diangkat. Kalau tidak mengganggu, maka pengangkatan tidak akan terjadi.

“Yang dikategorikan mengganggu, misalnya, mengganggu aktivitas, tiap bulan sakit terus, tiap bulan batuk pilek, akhirnya konsentrasi belajar dan kerja jadi terganggu, tidurnya ngorok terus akhirnya pasokan oksigen kurang. Di sekolah atau tempat kerja ngantuk terus,” katanya dilansir Akurat Health.

Ada kasus di mana amandel sudah kronis. Bentuknya sudah jelek, berlubang, dan ada kotoran putih. Kalau keadaannya sudah seperti ini dan sudah mengganggu, tetap pertimbangannya harus diangkat. Kalau tidak, maka biarkan saja.

“Jadi, tidak perlu takut dan malah memilih pengobatan yang tidak jelas. Akhirnya bisa memperburuk keadaan. Kalau sudah ditemukan leher muncul benjolan kelenjar, itu sudah bisa menjadi tanda bahwa kerja amandel sudah berat. Bisa langsung periksa untuk memastikannya. Dan alat sudah canggih sekarang lho, ada yang tidak perlu pendarahan lagi. Potong, langsung berhenti darahnya,” ujarnya.

Nah, jika Anda atau anak Anda memiliki masalah amandel dan harus dioperasi, maka operasi pengangkatan amandel berkisar antara Rp9 juta hingga Rp10 jutaan. Namun tak perlu khawatir, karena saat ini operasi pengangkatan amandel ditanggung oleh BPJS .

BPJS tidak memandang berat ringannya suatu penyakit atau diagnosa, karena hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS Kesehatan kecuali 2 jenis penyakit. Jika anda seorang peserta BPJS Kesehatan yang mengalami gangguan pada (Amandel), maka Anda bisa memeriksakan kesehatan ke faskes 1 yang tertera pada kartu BPJS terlebih dahulu.

Jika ternyata sesuai dengan indikasi medis dari faskes 1 mengharuskan operasi, maka Anda akan dirujuk ke bagian THT, akan diperiksa ulang oleh dokter khusus THT. Daftar ke bagian administrasi dengan membawa semua persyaratannya seperti surat rujukan, KTP, jika anak yang sakit (KTP Orang tua), dan kartu BPJS Kesehatan.

“Dokter akan membuat jadwal operasi untuk Anda. Sebelum operasi, Anda perlu melakukan tes darah, test radiologi. Jika anak yang sakit maka butuh konsultasi anak dan dokter anestesi. Namun, Anda bisa mengikuti petunjuk dan instruksi berobat di rumah sakit yang Anda gunakan sekarang,” demikian dilansir dari laman Panduan BPJS.

Loading...