Tak Perlu ke Kampus, Biaya Kuliah Online Learning Binus Ekonomi Lebih Murah dari Reguler

Kuliah Online Learning Binus - biz.kompas.comKuliah Online Learning Binus - biz.kompas.com

Bina Nusantara atau yang lebih dikenal dengan nama Binus University termasuk salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Terdapat banyak yang ditawarkan di Binus, mulai dari Informatika, DKV, Manajemen, hingga Ekonomi. di Binus pun dipatok variatif, tergantung dari yang diambil.

Di Fakultas Ekonomi Binus menawarkan beberapa program Sarjana (S1), yakni Accounting Technology, Akuntansi, dan Finance. Biaya kuliah Binus di Fakultas Ekonomi tahun akademik 2018/2019 untuk semester 1 sebesar Rp 15 juta dan biaya sumbangan (DP3) sebesar Rp 28,9 juta. Sementara itu total biaya kuliah program S1 Akuntansi maupun Finance masing-masing sebesar Rp 145,5 juta.

Di Binus sendiri juga terdapat program perkuliahan online yang disebut online learning. Dengan ini mahasiswa tak perlu datang ke kampus lantaran seluruh kegiatannya dilaksanakan melalui sistem online. “Mendorong mahasiswa untuk self learning, untuk belajar mandiri,” kata Deputi Direktur Binus online learning, Agus Putranto, seperti dilansir Kompas.

Binus Online Learning telah diterapkan sejak tahun 2009 silam, di mana metode ini diperuntukkan bagi karyawan yang bekerja, ibu rumah tangga, atau mahasiswa-mahasiswa yang mempunyai kesibukan sehingga tak punya waktu untuk mengikuti kegiatan perkuliahan di kampus. “Kita jaga fleksibilitasnya, tapi tetap kita hasilkan lulusan yang kualitasnya sama dengan perkuliahan regular,” ujar Agus.

Director of Binus Online Learning, Dr. Engkos Achmad Kuncoro menambahkan, kuliah di Binus dengan sistem online dapat menghemat biaya perkuliahan hingga 40% dibandingkan kuliah reguler. “Harganya jelas lebih murah, karena biaya penggunaan fasilitas kampung juga lebih berkurang,” ungkap Engkos.

Binus Online Learning menawarkan jenjang S1 dan S2. Pada jenjang S1 tersedia program studi Sistem Informasi (ekstensi Diploma 3 – S-1), Manajemen Marketing (ekstensi D3 – S1), Manajemen Marketing (S1), dan Akuntansi (ekstensi D3 dan S-1). Sementara itu, program studi yang tersedia untuk S-2 adalah Magister Teknik Informatika dan Magister Manajemen Sistem Informasi. Sebagai contoh, total biaya online learning program Akuntansi (dari SMA ke S1) Rp 58.070.000, sedangkan Akuntansi dari D3 ke S1 biaya keseluruhan hanya Rp 39.130.000.

Loading...